Organisasi Santri Gayeng Nusantara Tengah Jadi Sorotan Publik, Gus Yasin Maimoen Tegaskan Tidak Berafiliasi Partai Politik Manapun

Panglima Santri Gayeng Nusantara Taj Yasin Maimoen saat berada di Posko SGN, Jumat (1/10/2021) kemarin. Istimewa
  • Bagikan

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Organisasi Santri Gayeng Nusantara (SGN) mendadak menjadi sorotan publik. Organisasi pergerakan berbasis massa umat Islam ini sempat dikaitkan memiliki afiliasi partai politik.

Panglima Santri Gayeng Nusantara Taj Yasin Maimoen mempertegas jika organisasi yang ia bina tidak memiliki afiliasi politik dengan partai manapun.

Penegasan tersebut disampaikan Taj Yasin Maimoen yang juga menjabat Wakil Gubernur Jawa Tengah, saat berada di Posko SGN, Jumat (1/10/2021) kemarin.

Baca Juga :  Satpol PP Kota Semarang Bongkar 34 Bangunan Liar di Simongan

Hal ditegaskan Gus Yasin setelah mengetahui adanya isu pembagian kursi pengurus partai antara SGN dan partai tertentu.

“Saya tegaskan tidak ya (SGN tidak berafiliasi dengan partai politik). SGN itu murni gerakan sosial. Peranannya sudah sangat besar dan dirasakan masyarakat. Ini kan strategis sekali, sehingga ada partai yang mengklaim. Nama partainya tidak perlu saya sebutkan,” tegas Gus Yasin Maimoen.

Baca Juga :  Empat Kali Berturut-Turut, Pemprov Jateng Terima Anugerah Parahita Ekapraya

Lebih lanjut, Gus Yasin menegaskan, pihaknya telah menginstruksikan kepada pengurus SGN, untuk berfokus pada kegiatan sosial kemasyarakatan dan tidak terpengaruh dengan jabatan struktural di partai politik.

Ia juga menyampaikan, jika SGN fokus dalam gerakan pemberdayaan ekonomi pesantren, bantuan RTLH dan lainnya itu dananya dari sumbangan anggota. Selama ini dibangun swadaya, itu sangat berarti bagi masyarakat.

Baca Juga :  Satpol PP Kota Semarang Bongkar 34 Bangunan Liar di Simongan

“Gerakan yang dibangun SGN selama ini sudah efektif dan harus dilanjutkan tanpa godaan bernuansa politik. Dengan demikian, pekerjaan yang dihasilkan bermanfaat kepada masyarakat secara tulus dan ikhlas,” terang Gus Yasin.

“Saya sudah mengunjungi (mengecek) hasil kerjanya pada berbagai kota di Jateng ini, masyarakatnya mengaku sangat terbantu. Jadi saya minta pengurus SGN fokus saja (bantu masyarakat),” sambung Gus Yasin.

  • Bagikan