KAJEN, GROBOGAN.NEWS-Ribuan surat suara untuk Pilkada Kabupaten Pekalongan 2020, rusak. Kondisi ini diketahui setelah dilakukan proses pernyotiran surat suara  selama empat hari di Gudang KPU di Karangayar Kabupaten Pekalongan.

Jumlah surat suara yang rusak tercatat KPU Pekalongan terdapat 2.326 lembar surat suara. Kerusakan surat suara ini beragam dari surat suara yang sobek di sejumlah titik hingga adanya noda tinta di salah satu gambar pasangan pilkada, hingga gambar foto pasangan blur .

Saat ditemui di Gudang KPU Pekalongan, Sekertaris KPU Kabupaten Pekalongan, Sri Wilujeng, membenarkan hal tersebut. Bahkan, tidak hanya surat suara  rusak saja, KPU juga mendapati pengiriman surat suara yang kurang dengan total 3.533 surat suara.

“Setelah dilakukan penghitungan dan penyotiran,  kemarin ada kekurangan pengiriman (surat suara) dan surat suara yang rusak,” terang Sri Wilujeng.

“Kebutuhan (surat suara) 739.726.  Dari 739.726, kemarin ada kekurangan kirim  sebanyak 3.533 dan rusak 2.326, jadi total kurangnya,  5.859,” tambahnya.

Sedangkan surat suara yang rusak,  menurut Sri Wilujeng akan dilakukan pemusnahan.

Halaman:
‹‹   1   2   3   Baca Selanjutnya ›   ››   All