PEKALONGAN, GROBOGAN.NEWS-Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pekalongan telah memusnahkan 2.343 lembar surat suara yang rusak pada Minggu (6/12, kemarin.

Jumlah itu berdasarkan hasil penyortiran surat suara yang akan digunakan pada Pilkada Kabupaten Pekalongan pada 9 Desember 2020 mendatang.

Pemusnahan sebanyak  suara rusak maupun surat suara kelebihan digelar di Gudang Logistik KPU Kabupaten Pekalongan, tepatnya di New Coral Karanganyar.

Pemusnahan surat suara yang rusak ini dilakukan dengan cara dibakar di dalam tong dan disaksikan oleh Bawaslu, Kodim 0710 Pekalongan, Polres Pekalongan, Kejaksaan Kabupaten Pekalongan.

Ketua KPU Kabupaten Pekalongan Abi Rizal kepada para awak media menguraikan, dari hasil penyortiran petugas terdapat ribuan surat suara yang rusak. Kerusakan seperti gambar blur, terdapat titik tinta dan ada pula yang sobek.

“Sesuai ketentuan Peraturan Peraturan Pemilihan Umum (PKPU), maka surat suara rusak atau kelebihan sebelum pelaksanaan dilakukan pemusnahan. Kita musnahkan surat suara yang rusak maupun yang masih bisa digunakan tetapi kelebihan,” terang dia.

Lebih detail, Abi menyebutkan, total sejumlah 2.343 lembar surat suara Dibakar dan disaksikan oleh Bawaslu, Kodim, Polres Pekalongan, dan Kejari Kabupaten Pekalongan.

Halaman:
1   2   All