Ganjar Setujui Izin Beroperasinya Tempat Wisata saat Libur Lebaran

Ilustrasi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo. Foto: Humas Jateng
  • Bagikan

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Seluruh tempat wisata di Jawa Tengah dipastikan tetap beroperasi di saat libur lebaran tahun 2021.

Kepastian tersebut setelah Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo telah menyetujui izin beroperasinya seluruh objek wisata dengan syarat pengelola tempat wisata untuk menjalankan protokol kesehatan.

“Kami  (Pemprov Jateng) tidak melarang kegiatan wisata saat musim libur lebaran sebagai upaya mendongkrak perekonomian di masa pandemic,” terang Gubernur Ganjar Pranowo, kemarin.

Baca Juga :  Kasus Pembobolan ATM 35 Nasabah Terkungkap, Otak Kejahatan Diduga WNA Asal Turki

“Yang terpenting itu adaptasi kebiasaan baru, protokol kesehatannya dijalankan. Hari ini sudah dibuka kok, kontrolnya harus jalan. Kalau membludak, ditahan dulu, kapasitasnya kan jelas, hanya 50 persen. Jadi ekonominya tetap menggeliat,” imbuh Ganjar.

Lebih detail, Ganjar menjelaskan, bila keputusannya mengijinkan tempat wisata buka tidak ada kaitannya dengan larangan mudik.  Terlebih, Jawa Tengah menjadi tujuan utama pemudik setiap tahunnya. Ganjar menyebut, larangan mudik berbeda dengan dibukanya tempat wisata.

Baca Juga :  Pusat Gempa Terjadi di Gunung Telomoyo, Terjadi Secara Beruntun Terasa di Sejumlah Wilayah di Jateng,

“Saya memang juga banyak diprotes kenapa mudik dilarang tapi wisata dibuka. Yang membahayakan itu ada “move” besar-besaran dari satu titik ke titik lain, dan itu sekarang terjadi di India,” imbuh dia.

Baca Juga :  Identitas WNA Asing Terduga Dalang Kejahatan Skiming Kartu ATM Terungkap

Sebelumnya diberitakan, Pemerintah sudah mengumumkan pelarangan mudik di momen lebaran atau Hari Raya Idul Fitri tahun ini untuk mencegah lonjakan kasus COVID-19.

Meski begitu, berwisata tetap diperbolehkan karena sejumlah tempat wisata tetap dibuka saat lebaran.

Sejumlah pihak mempertanyakan kebijakan tersebut karena dianggap saling bertentangan.

  • Bagikan