Jumlah Tempat Tidur ICU untuk Penderita Covid-19 Ditambah

Ilustrasi Pelakasana Tugas (Plt) Bupati Kudus HM. Hartopo saat melaksanakan sosialisasi disiplin protokol kesehatan di salah satu pasar tradisional di Kudus. Foto : Istimewa
  • Bagikan

KUDUS, GROBOGAN.NEWS-Pemerintah Kabupaten Kudus terus mendorong ketersediaan tempat tidur (TT) ICU bagi penderita Covid-19. Sedikitnya 15 TT disiapkan di rumah sakit yang ada untuk ICU Covid-19.

Pelaksana tugas (Plt.) Bupati Kudus HM Hartopo menyampaikan, hal itu dilakukan menindaklanjuti arahan dari Mendagri dan Gubernur Jawa Tengah.

Khususnya, yang terkait dengan pemberlakuan pembatasan kegiatan masyarakat (PPKM), di mana layanan kesehatan juga mesti ditingkatkan, dalam penanganan Covid-19.

Baca Juga :  RSUD dr Loekmono Hadi Kudus Segera Miliki Alat Medis Deteksi Kelainan Syaraf, Anggarannya Capai Rp20 Miliar

Dia juga telah mengeluarkan Surat Edaran Bupati Kudus Nomor 800/024/26.00/2021 tentang PPKM, sebagai salah satu cara menekan angka covid-19 di Jawa Tengah,” ucapnya.

“Di sana sudah ada instruksi Bupati terkait peningkatan ketersediaan tempat tidur (TT) ICU, TT isolasi untuk penanganan Covid-19 baik rumah sakit daerah maupun swasta minimal 30% dari ketersediaan saat ini dengan ketentuan di Kabupaten Kudus harus tersedia minimal 15 TT ICU untuk pasien Covid,” jelasnya, saat Rapat Koordinasi Tim Satgas Covid-19 Kabupaten Kudus, di lantai IV Gedung Setda Kudus, kemarin.

Baca Juga :  Awas. Pemberi Uang ke Pengemis di Kudus Bisa Disanksi Denda

Tak hanya ketersediaan tempat tidur, Hartopo juga berupaya memperbanyak jumlah tenaga kesehatan, khususnya perawat dan dokter, disesuaikan dengan kasus Covid-19.

Untuk itu, pihaknya akan bekerja sama dengan organisasi profesi meliputi IDI, PPNI, Patelki, atau organisasi lainya.

Baca Juga :  358.560 Batang Rokok Ilegal Disita, Pemberantasan Rokok Ilegal Terus Digenjarkan

“Jika perlu dapat ditambah dengan perekrutan tenaga kesehatan yang bersumber dari APBD 2021,” imbuhnya.

Dalam kesempatan itu, Hartopo kembali mengingatkan agar semua pihak memaksimalkan lagi Satgas Jogo Tonggo. Peran pihak desa/ kelurahan dalam menegakkan protokol kesehatan harus ditingkatkan.

  • Bagikan