SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Pemerintah Provinsi Jawa Tengah menerima penghargaan sebagai pembina Kabupaten dan Kota Peduli Hak Asasi Manusia.

Penghargaan ini diberikan Kemenkumham melalui Kanwil Hukum dan HAM, kepada Gubernur Jateng Ganjar Pranowo, dalam Peringatan HAM Internasional ke-72, Senin (14/12).

Total ada 35 kabupaten/ kota di Jateng yang menyandang gelar peduli HAM. Sepuluh besar di antaranya, menerima langsung piagam di Gedung Grhadika Bakti Praja.

Sementara, sisanya diserahkan melalui seremoni virtual, yang dihadiri Presiden RI Joko Widodo, Menteri Hukum dan HAM RI Yasona Laoly, dan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi.

Berdasarkan catatan Kementrian Hukum dan HAM, dari 514 kabupaten/ kota di Indonesia, 259 kabupaten/ kota di antaranya memperoleh penghargaan sebagai wilayah peduli HAM.

Sementara, dari catatan Kementrian Luar Negeri, total ada 169 ribu orang pekerja migran, yang dibantu pemulangannya ke Indonesia.

Presiden Indonesia Joko Widodo menegaskan, akan menuntaskan permasalahan HAM di masa lalu. Selain itu, pihaknya juga membentuk sebuah tim untuk membantu kaum difabel.

Halaman:
‹‹   1   2   3  

  Baca Selanjutnya ›   ››
  All