GROBOGAN.NEWS Solo

Perampokan Wartawan Kompas TV Sragen. Pelaku Minta Maaf Sebelum Kabur dan Bawa Tas Hitam Korban

Susilo Mintarjo / Foto: Wardoyo

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS Berkali-kali wartawan Kompas TV asal Sragen, Susilo Mintarjo (55) yang tengah mengendarai mobil itu dipepet oleh seorang pria mengendarai sepeda motor.

Pria itu mengisyaratkan bahwa ban belakang mobilnya kempes. Meski sudah tak menggubris, namun lelaki bersepeda motor itu hilang dan muncul kembali.

Sampai kemudian, dengan berbagai modus, ia  berhasil memaksa Susilo menghentikan mobilnya dan memeriksa ban belakang mobilnya.

Namun, ternyata setelah ia kembali ke jok depan lantaran tak menemui ban belakang yang kempes, tas hitam miliknya telah lenyap, bersamaan dengan kaburnya lelaki bersepeda motor tersebut.

Wartawan Kompas TV itu telah tertipu!

“Awalnya dia mepet sambil seolah memberi isyarat kalau ban mobil saya kempes. Saya waktu itu nggak percaya dan nggak saya gagas. Dia langsung hilang,” papar Susilo kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (23/4/2021).

Setelah diabaikan dan jalan beberapa meter, pelaku yang mengendarai sepeda motor sendirian itu, mendadak muncul lagi. Lalu memepet mobil sembari kembali memberi aba-aba kalau ban mobilya kempes.

Susilo tetap tak menggubris. Pelaku belum menyerah. Ia kembali memepet dan malah nekat berakting dia seolah-olah keserempet mobil.

Lalu pelaku berusaha mengadang. Mau tak mau, Susilo langsung menghentikan mobilnya.

“Karena dua kali memepet dan ngabari kalau ban kempes ditambah agak ngomel katanya keserempet, akhirnya saya berhenti. Saya turun dari pintu sebelah kiri, langsung ngecek roda belakang,” ujar Susilo kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (23/4/2021).

Saat dirinya turun, pemotor tak dikenal itu tidak kelihatan. Namun begitu mengecek roda belakang dan ternyata ban tidak kempes, pemotor muda itu mendadak kembali muncul dari arah depan mobilnya.

Pelaku lalu berbalik arah sembari memacu motornya dengan kencang. Saat itu, Susilo mengaku belum sadar jika pemotor itu sudah menggondol tas di jok depan.

Baru setelah masuk kembali ke mobil, ia merasa ada yang tidak beres. seusai beraksi menggasak tas wartawan senior itu, pelaku bahkan masih sempat melontarkan kalimat bernada mengejek.

Entah berniat minta maaf beneran atau memang mengejek, pelaku sempat menyampaikan kalimat dalam Bahasa Jawa yang berbunyi “maaf pak tak apusi”.

“Saat balik dari depan mobil saya dan bawa tas saya, pelaku masih sempat ngebut sambil bilang maaf pak tak apusi (maaf pak, saya bohongi),” papar Susilo, kepada JOGLOSEMARNEWS.COM , Jumat (23/4/2021).

Susilo menyampaikan seketika itu, ia belum sadar jika pelaku yang sempat memberitahu ban mobilnya kempes itu ternyata adalah penjahat.

Semula ia mengira pelaku hanya bercanda. Ia baru tersadar ketika ban mobilnya ternyata tidak ada yang kempes dan bergegas kembali ke mobil.

“Saya sempat lupa apa tadi bawa tas atau nggak. Akhirnya saya telepon teman-teman perumahan dan tanya apa lihat saya bawa tas, mereka bilang saya bawa tas hitam. Saya ingat-ingat lagi memang bawa tas dan saya taruh di jok depan kiri. Barulah saya sadar ternyata saat saya turun, pelaku memanfaatkan kesempatan mengambil tas saya lalu kabur,” terangnya.

Setelah memastikan tasnya hilang, Susilo langsung bergegas melapor ke Polsek Gemolong.

Dalam laporannya, ia menyebut barangnya yang hilang adalah sebuah tas di dalamnya berisi satu unit handycam, satu kamera, satu flasdisk dan uang tunai.

“Uangnya nggak begitu banyak. Hanya beberapa ratus ribu. Tapi handycam dan flasdisk itu yang penting. Karena flasdisk itu isinya master lagu-lagu yang ngisinya saja kemarin bayar Rp 1 juta. Kalau ditotal ya Rp 5 jutaan kerugiannya,” jelasnya.

Ia menyampaikan kejadian itu sebenarnya sudah terjadi sekitar sebulan lalu. Namun ia masih memendam laporan sembari berharap pelaku beritikad baik mengembalikan barang yang dicuri.

Akan tetapi ternyata hingga kini tak kunjung ada itikad dari pelaku mengembalikan.

Kapolres Sragen AKBP Yuswanto Ardi melalui Kapolsek Gemolong, AKP I Ketut Putra membenarkan memang sudah menerima aduan dari Susilo sekitar sebulan lalu.

Saat ini kasus itu masih dalam penyelidikan. Dari laporan yang diterima, pelaku sendirian dan beraksi dengan modus mengelabuhi memberitahu bahwa roda mobil korban kempes.

“Ini masih dalam penyelidikan. Imbauan kami jangan mudah percaya dengan orang tak dikenal yang memberitahu kalau ban kempes. Karena bisa jadi itu hanya modus kejahatan. Kemudian kalau terpaksanya ingin mengecek, pastikan jangan ada barang berharga ditinggal atau pintu tetap dikunci,” tandasnya dikonfirmasi Jumat (23/4/2021). Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/04/kronologi-perampokan-wartawan-kompas-tv-di-sragen-tak-mempan-tipu-ban-kempes-pelaku-nekat-akting-keserempet-untuk-menarik-perhatian/