Komnas HAM Desak Pemerintah Usut Tuntas Kasus Kebakaran di Lapas Tangerang

1301 kebakaran a
ilustrasi kebakaran / pixabay
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Pemerintah dituntut untuk mengusut tuntas kasus kebakaran Lapas Tangerang yang menewaskan 41 napi dan melukai 70-an orang lainnya.

Desakan itu disampaikan oleh Komnas HAM. Komisioner Komnas HAM,  Hairansyah  menyatakan, harus ada yang bertanggung jawab apa pun penyebab kebakaran, baik oleh kelalaian atau karena faktor kesengajaan.

Baca Juga :  Pendukung Jokowi di Jatim Dukung Ganjar, Relawan Puan Yakin Rekomendasi Tetap ke Puan

“Ini bukti negara telah lalai melaksanakan kewajibannya dalam menjaga keselamatan narapidana (napi) penghuni Lapas,” ujar Hairansyah, seperti dilansir Republika.

Menurut Hairansyah, warga binaan lembaga pemasyarakatan merupakan orang-orang yang sedang dirampas kemerdekaannya dan berada dalam pengawasan serta tanggung jawab Negara. Oleh kaerna itu, keselamatannya harus dijamin oleh negara.

Baca Juga :  UU ITE Jadi Dasar Luhut dan Moeldoko Laporkan Aktivis ke Polisi

Komnas HAM, menurut Hairansyah  juga meminta agar proses identifikasi pada jenazah korban meninggal dilakukan dengan semaksimal mungkin. Tak hanya itu, perhatian kepada keluarga korban juga harus dilakukan dengan maksimal.

Selain perhatian pada korban meninggal dan keluarga yang ditinggalkan, Komnas HAM juga meminta agar kesembuhan dan keselamatan korban luka-luka berada di bawah tanggung jawab penuh pemerintah.

Baca Juga :  Terjerat Kasus Suap, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Dikabarkan Resmi Tersangka

Halaman:
1   2   Show All

  • Bagikan