Presiden Jokowi Minta Perbankan Terus Tingkatkan  Penyaluran Kredit untuk UMKM

Presiden Jokowi
Presiden Republik Indonesia Joko Widodo. Foto : Biro Pers Sekretariat Presiden.
  • Bagikan

SOLO, GROBOGAN.NEWS Kalangan perbankan di tanah air mendapat apresiasi dari Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) lantaran terus meningkatkan penyaluran kredit bagi usaha mikro, kecil, dan menengah (UMKM).

Selanjutnya, Presiden Jokowi berharap penyaluran kredit tersebut bisa terus ditingkatkan lagi hingga mencapai angka 30 persen secara nasional di tahun 2024.

Hal itu dikatakan oleh Menteri Koordinator (Menko) Bidang Perekonomian, Airlangga Hartarto.

Baca Juga :  Pendukung Jokowi di Jatim Dukung Ganjar, Relawan Puan Yakin Rekomendasi Tetap ke Puan

Airlangga mengatakan hal itu dalam keterangannya selepas mendampingi Presiden dalam pertemuan dengan perwakilan direktur utama bank di Istana Negara, Jakarta, Rabu (8/9/2021).

“Bapak Presiden berharap sektor perbankan bisa memberikan kredit kepada UMKM,” jelas Menko Airlangga, seperti dikutip dalam rilisnya ke Joglosemarnews.

Baca Juga :  Duh, Pengumuman Hasil Seleksi Guru PPPK Ditunda. Tapi Kemdikbud Janji Tak Akan Rugikan Peserta

Menko Airlangga mengatakan, secara year on year sekarang rata-rata kredit untuk UMKM mencapai sekitar 18 persen. Oleh karena itu, jelas Airangga, Presiden meminta agar kredit untuk UMKM bisa ditingkatkan menjadi 30 persen di tahun 2024.

Menko Airlangga mengatakan, target 30 persen merupakan angka keseluruhan dari kredit nasional, bukan target yang dibebankan kepada masing-masing perbankan.

Baca Juga :  Pemerintah Siap Melakukan Penguatan Terhadap Sektor Ekonomi Syariah

Menurutnya, Presiden memahami bahwa setiap perbankan memiliki spesialisasi bisnis masing-masing.

“Sekarang, seperti di BRI itu mendekati 70 persen dan ada yang spesialisasinya corporate. Namun, Bapak Presiden meminta agar keseluruhan kreditnya itu 30 persen, bukan berarti setiap banknya harus 30 persen karena masing-masing punya spesialisasi sendiri-sendiri,” tambahnya.

Halaman:
1   2   Show All

  • Bagikan