Tak Cuma Lili Pintauli Saja yang Tersandung Kasus Pelanggaran Kode Etik KPK, Nih Lihat Daftarnya!

3108 gedung KPK
Ilustrasi gedung KPK / tribunnews
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) kembali diusik dengan kasus dugaan pelanggaran kode etik oleh unsur Pimpinan.

Kali ini, yang tersandung kasus pelanggaran kode etik adalah Wakil Ketua KPK, Lili Pintauli Siregar. Ia bahkan terbukti melakukan pelanggaran kode etik berat.

Dikutip dari Tribunnews, Dewan Pengawas KPK (Dewas KPK) menyatakan Lili bersalah karena telah menyalahgunakan jabatan dan berhubungan langsung dengan Walikota nonaktif Tanjungbalai, M. Syahrial yang sedang berkasus.

Lili dinilai melanggar Pasal 4 ayat 2 huruf b dan a Peraturan Dewas Nomor 02 Tahun 2020 tentang Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK.

Baca Juga :  UU ITE Jadi Dasar Luhut dan Moeldoko Laporkan Aktivis ke Polisi

“Menyatakan terperiksa Lili Pintauli Siregar bersalah melakukan pelanggaran kode etik dan pedoman perilaku berupa penyalahgunaan pengaruh pimpinan KPK untuk kepentingan pribadi dan berhubungan langsung dengan pihak-pihak yang perkaranya sedang ditangani oleh KPK,” ucap Ketua Dewas KPK Tumpak Hatorangan Panggabean dalam sidang daring, Senin (30/8/2021).

Atas pelanggaran tersebut, Lili dijatuhi sanksi berat dengan pemotongan gaji pokok sebesar 40 persen selama 12 bulan.

Dalam sidang tersebut, Lili terbukti memberikan informasi kepada M Syahrial mengenai perkembangan penanganan perkara di Tanjungbalai.

Baca Juga :  Pendukung Jokowi di Jatim Dukung Ganjar, Relawan Puan Yakin Rekomendasi Tetap ke Puan

Selain itu, ia juga turut memanfaatkan posisinya sebagai pimpinan KPK untuk menekan M Syahrial guna pengurusan penyelesaian kepegawaian adik iparnya Ruri Prihatini Lubis di Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Tirta Kualo Tanjungbalai.

Laporan pelanggaran etik terhadap Lili itu dilayangkan oleh Direktur Pembinaan Jaringan Kerja Antar-Komisi dan Instansi (PJKAKI) KPK Sujanarko dan dua penyidik KPK, Novel Baswedan dan Rizki Anungnata.

Kasus Lili ini bukan pertama kalinya yang terjadi pada para Pimpinan KPK. Sejumlah Pimpinan KPK yang lain juga pernah diputuskan melanggar kode etik. Siapa saja mereka?

Baca Juga :  Duh, Pengumuman Hasil Seleksi Guru PPPK Ditunda. Tapi Kemdikbud Janji Tak Akan Rugikan Peserta

Firli Bahuri

Ketua KPK Firli Bahuri diputuskan melanggar kode etik oleh Dewas KPK karena gaya hidup mewahnya. Putusan tersebut dibacakan oleh Ketua Dewas KPK Tumpak  Hatorangan Panggabean  dalam sidang yang disiarkan streaming, Kamis (24/9/2020).

Firli dinilai tidak menunjukkan keteladanan dalam tindakan perilaku sehari-hari yang diatur dalam Pasal 4 Ayat (1) huruf n dan Pasal 8 Ayat (1) huruf f Peraturan Dewan Pengawas KPK Nomor 2 Tahun 2020 tentang Penegakan Kode Etik dan Pedoman Perilaku KPK.

Halaman:
1   2   Show All

  • Bagikan