Harga Tes PCR Akhirnya Turun 45 Persen, Tepat di HUT ke-76 Kemerdekaan RI

ilustrasi tes PCR / pixabay
  • Bagikan

SOLO, GROBOGAN.NEWS – Seperti yang pernah diungkapkan oleh presiden Joko Widodo (Jokowi), akhirnya harga  pemeriksaan PCR turun sebesar 45 persen.

Penurunan tarif itu terjadi tepat pada moment HUT ke-76 kemerdekaan RI, Selasa (17/8/2021).

Pengumuman kebijakan tersebut disampaikan oleh Direktur Jenderal Pelayanan Kesehatan Kementerian Kesehatan, Abdul Kadir bersama Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP) pada Senin, (16/8/2021).

Baca Juga :  Satu dari 7 Saksi Kasus Korupsi Perum Perindo Tewas di Ruang Sidang Kejagung

Keputusan ini merupakan tindak lanjut dari arahan Presiden Joko Widodo (Jokowi) yang menghimbau agar melakukan penekanan harga tes PCR di Indonesia.

Menteri Komunikasi dan Informatika, Johnny G. plate pun turut menyampaikan pernyataan tertulisnya terkait kebijakan terbaru itu.

Baca Juga :  Tragis. Siswi Kelas 1 SMK Meninggal Dunia Usai Digilir oleh 12 Orang. Alat Vitalnya Sampai Bengkak, Pelaku Pertama Ternyata Malah Pacarnya

“Sesuai arahan dari Bapak Presiden, guna memperbanyak jumlah dan mendorong pelaksanaan pemeriksaan (testing), pemerintah telah melakukan pengaturan kembali harga tes PCR,” tulis Johnny G. Plate yang dilansir dari Liputan6, Selasa (17/8/2021).

Baca Juga :  Ironis! 82 Persen Koruptor yang Ditangkap KPK Lulusan Perguruan Tinggi

Sebelumnya, harga berkisar Rp 800.000 sampai dengan Rp 1 juta. Kini, tes PCR dapat dijangkau dengan harga Rp 495.000 untuk wilayah Jawa-Bali, dan Rp 525.000 untuk luar Jawa-Bali.

  • Bagikan