GROBOGAN.NEWS Solo

Sapi Kurban di Kartasura Sukoharjo Ini Disembelih Setelah Dikeluarkan dari Septictank. Lho, Kok Bisa?

ilustrasi sapi / pixabay

SUKOHARJO, GROBOGAN.NEWS Cukup banyak kejadian unik seputar hewan kurban sebelum disembelih oleh sang jagal di hari Idul Adha, termasuk untuk tahun ini.

Rabu (21/7/2021), terjadi insiden yang membuat warga Kecamatan Kartasura, Sukoharjo, heboh. Bagaimana tidak, seekor sapi yang hendak disembelih, memberontak dan akhirnya terperosok ke dalam septictank warga.

Upaya evakuasi sapi dari dalam septictank lumayan lama, karena beratnya badan sapi dan kondisinya yang berada di dalam septictank.

Akhirnya tim pemadam kebakaran Sukoharjo turun tangan mengevakuasi sapi berbobot sekitar 300 kilogram tersebut.

Baca Juga :  Polres Sragen Salurkan 20 Ton Beras untuk Warga Terdampak Covid-19 dan Kebijakan PPKM Darurat

Insiden itu terjadi di Desa Gonilan, Kecamatan Kartasura, Sukoharjo. Awalnya sapi seberat sekitar 300 kilogram akan disembelih di masjid Nurul Islam, Morodipan.

Namun malah, berlari dan akhirnya terperosok ke septic tank milik Sumarno (64), warga sekitar.

Yanto, penduduk setempat menuturkan, awalnya ada empat ekor sapi akan disembelih. Sapi pertama hingga ketiga bisa disembelih dengan lancar. Namun sapi keempat berwarna hitam ternyata tenaganya paling besar.

Baca Juga :  Guru SMKN 1 Gondang, Sragen Meninggal Covid-19. Sekeluarga Juga Terpapar

“Mau disembelih malah lari. Sapi masuk ke rumah warga dan terperosok masuk ke septic tank. Tutup septictank ambrol diinjak sapi,” ujar dia.

Ternyata sapi tak bisa keluar sendiri dari septictank. Warga juga tidak memiliki peralatan memadai untuk mengevakuasinya. Akhirnya warga memanggil tim pemadam kebakaran dan tim SAR.

Kepala Damkar Sukoharjo Margono mengatakan, septic tank berukuran 1X1X2 meter, kedalamannya dua meter. Hal itu menjadi kendala saat evakuasi.

Evakuasi sapi kurban yang masuk ke dalam septic tank hasil kolaborasi Damkar dan Tim SAR dan relawan serta warga membutuhkan waktu selama lebih dari 2 jam.

Baca Juga :  Pandemi Covid-19 Masih Menerpa, Jumlah Hewan Kurban Idul Adha 2021 di Sragen Justru Meningkat

Teknik yang dipakai adalah mengisi septic tank dengan air agar badan sapi terangkat.

Setelah tubuh sapi terangkat, petugas dibantu puluhan warga ramai-ramai memegang tali untuk mengeluarkan sapi dari dalam septic tank.

Saat dientaskan sapi terlihat kelelahan. Selanjutnya sapi segera disembelih di dekat septic tank. Aris

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/07/sapi-kurban-terperosok-masuk-septictank-rumah-warga-dekat-masjid-nurul-islam-morodipan-desa-gonilan-kartasura-sukoharjo-tim-damkar-turun-tangan-lakukan-evakuasi/