Produk UMKM Harus Jadi Primadona di Bulan Ramadan

Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo. Ist
  • Bagikan

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Di tengah lesu ekonomi akibat pandemi Covid-19, Penjabat (Pj) Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Tengah, Prasetyo Aribowo, mengajak masyarakat untuk berbelanja produk UMKM pada bulan Ramadan ini.

Ajakan ini disampaikannya pada kegiatan Pengukuhan dan Rapat Koordinasi Serentak Tim Percepatan Akses Keuangan Daerah (TPAKD) Jawa Tengah, Senin (12/04/2021).

“Teman-teman UKM kita pasti akan terangkat kalau nanti kita bisa ramai-ramai untuk belanja. Saya kira, bingkisan souvenir UKM tidak memalukan. Sudah saatnya kita bisa bangga dengan produk kita,” tuturnya.

Baca Juga :  Gubernur Ganjar Terus Dorong Percepatan Vaksinasi di Jateng

Pj Sekda menyebutkan, banyak produk UMKM yang sudah lolos kurasi oleh Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah. Seperti Jenang Mubarok Kudus, mi ongklok instan, coklat Silver King, bagelen dari bekatul (Lentul) dan minyak goreng Zico. Sehingga ia yakin, melalui proses kurasi, berbelanja produk UMKM Jateng tidak akan mengecewakan.

Baca Juga :  Misteri Penemuan Mayat di Hutan Geyer Grobogan Terungkap. Polisi Meringkus Pelaku di Demak

Untuk lebih mendukung pelaku UMKM segera bangkit, Prasetyo berpesan kepada TPAKD di masing-masing daerah agar mendorong layanan kredit permodalan dengan suku bunga murah bagi UMKM. Ia yakin, dengan cara ini, upaya pemerintah untuk mendukung UMKM bisa akseleratif dan paralel.

Baca Juga :  Menpora Cermati Sport Tourism di Kendal. Program Inovasi Bupati Dico Dapat Apresiasi

Senada dengan Prasetyo, Kepala Otoritas Jasa Keuangan (OJK) Regional 3 Jateng-DIY, Aman Santosa, menyampaikan perlunya dukungan bagi UMKM saat ini. Merujuk data laporan hasil survei dari Dinas Koperasi dan UKM Provinsi Jawa Tengah, UKM mengalami penurunan penjualan hingga 95 persen dan mengurangi tenaga kerja hingga 77 persen.

  • Bagikan