GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Inilah Cerita saat Gubernur Ganjar Sempat Membuat Kapolsek Kranggan Kaget karena Numpang Makan Bekal di Kantornya

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat menikmati bekal makanan di kantor Mapolsek Kranggan, Temanggung. IST

TEMANGGUNG, GROBOGAN.NEWS-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo terus melakukan monitoring penanganan kasus Covid-19 di wilayahnya.

Berbagai kebijakan strategis juga telah digulirkan. Di sisi lain, Gubernur Ganjar juga menunjukan kedisiplinan saat pelaksanaan PPKM Darurat.

Seperti halnya di Kranggan, Temanggung. Suasana Polsek Kranggan Temanggung terlihat sepi, saat mobil yang ditumpangi Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo memasuki area parkir kantor itu, Kamis (15/7/2021).

Di dalam kantor, terlihat dua anggota polisi sedang duduk di depan meja pelayanan, sambil santai karena memang sedang jam istirahat.

Awalnya, dua anggota polisi itu tak menyadari, mobil Innova hitam yang masuk ke kantornya adalah mobil Ganjar. Setelah Ganjar turun, barulah keduanya terkejut dan langsung berdiri menyambutnya.

“Selamat siang pak, saya mampir numpang makan siang di sini ya,” kata Ganjar menyapa.

Satu anggota polisi kemudian berlari ke dalam kantor. Tak lama kemudian, seorang polisi bernama AKP Sugihartono keluar dan menyambut Ganjar. Sugihartono adalah Kapolsek di tempat itu.

“Siap Pak Ganjar, mangga,” kata Sugihartono.

Ganjar pun masuk ke dalam kantor dan meminta izin menumpang makan siang. Setelah mencari tempat, Kapolsek menawarkan ruangannya untuk digunakan Ganjar makan siang.

Di ruangan itu, Ganjar duduk di kursi kayu. Dibukanya ransum bekal makan siangnya, yang dibawa dari rumah. Di dalam ransum itu, terlihat nasi putih dengan lauk labu siam, orek atau kering tempe, telur dadar dan udang.

“Mangga Pak ikut makan. Itu di mobil ada nasi kotak tolong ambilkan mas. Itu pak polisi di sana juga dikasih,” pinta Ganjar pada ajudannya.

Ganjar terlihat begitu lahap. Sekitar 30 menit, dia keluar ruangan untuk melanjutkan perjalanan.

Hari itu, Ganjar memang sedang meninjau penanganan Covid-19 di Kabupaten Temanggung dan Magelang. Biasanya sebelum pandemi, Ganjar selalu mampir di warung-warung pinggir jalan untuk makan siang. Namun, karena pandemi dan warung atau restoran dilarang menerima pembeli makan di tempat saat PPKM Darurat, Ganjar selalu bawa bekal dari rumah, dan makan di tempat yang sekiranya aman.

Pernah Ganjar mampir di kantor PJR Pintu Tol Pemalang. Ia makan siang di parkiran kantor itu. Ganjar juga pernah makan siang di taman daerah Kledung Temanggung. Dan hari ini, Ganjar mampir di Kantor Polsek Kranggan untuk makan siang.

“Saya sangat kaget. Nggak menyangka dan ini sangat luar biasa kehormatan bagi saya. Pak Gubernur singgah di kantor saya, numpang makan siang,” kata Kapolsek Kranggan, AKP Sugihartono.

Dirinya tak pernah bermimpi, akan disambangi Ganjar hari ini. Sebab tak ada pemberitahuan awal akan kedatangan orang nomor satu di Jateng itu.

“Saya kira tamu dari Polres atau kabupaten. Ternyata Pak Gubernur. Selama ini pejabat yang datang ya paling dari Polres atau kabupaten. Pak Bupati saja belum pernah ke sini,” ucapnya sambil tersenyum.

Sugihartono menilai, aksi Ganjar makan siang di kantornya membuktikan ia adalah pemimpin yang luar biasa dan merakyat. Dia bawa bekal dari rumah, dan mau makan siang di kantornya yang sederhana.

“Luar biasa, merakyat sekali. Apalagi ini PPKM Darurat, kan memang tidak boleh makan di warung. Beliau memberikan contoh. Selain itu beliau sangat disiplin sekali dalam penerapan prokes, tadi saya nemani makan juga harus berjarak dan ada anggota saya maskernya turun, langsung diingatkan,” pungkasnya.RIS