Jika Pemberangkatan Jemaah Haji Asal Sragen Dibuka Kembali, Calhaj Angkatan 2020 Bakal Diprioritaskan

ilustrasi jemaah haji
  • Bagikan

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS –  Calon haji (Calhaj) asal Sragen yang  tertunda keberangkatannya tahun 2020 akan mendapat prioritas pertama untuk berangkat jika  pemberangkatan calon jamaah haji (Calhaj) ke tanah suci mulai dibuka kembali.

Pihak Kemenag Sragen sendiri memang belum bisa memastikan, apakah tahun ini akan ada pemberangkatan Calhaj ke tanah suci atau belum.

Hal itu disampaikan Kepala Kantor Kemenag Sragen, Hanif Hanani kepada wartawan kemarin.

Baca Juga :  Untuk Keenam Kalinya Sragen Raih WTP, Dapat Bonus DID Rp 14 M

Ia mengatakan pemberangkatan haji 2020 kemarin memang tertunda akibat Pandemi Covid-19 yang melanda dunia. Semua calon jamaah haji dari berbagai negara dilarang masuk Mekkah.

Sementara apabila nanti sudah dibuka kembali haji, angkatan 2020 Kabupaten Sragen masih akan diutamakan berangkat haji.

Sementara angkatan selanjutnya akan tetap mundur satu tahun. Hanif mengatakan angkatan 2020 ini sudah mengantri dari 12-an tahun lalu.

Baca Juga :  Warga Sidoharjo Sragen Kaget Air PDAM Mendadak Berwarna Hitam Pekat!

Meski belum ada kepastian, ia menyampaikan persiapan utamanya manasik haji tetap harus dilakukan. Untuk manasik haji saat ini dilakukan secara virtual sepanjang tahun 2021. Manasik haji dilakukan dengan sistem daring menggunakan zoom meeting.

Bagi yang calon jamaah haji yang sudah tua atau tidak bisa menggunakan zoom meeting, akan dijadikan satu kelompok di kampung atau desanya.

Baca Juga :  Nguri-uri Kesenian Tradisional Terus Berkumandang  

“Meskipun belum ada pemberitahuan kapan akan haji, tapi calon jamaah haji dituntut manasik haji sepanjang tahun. Dengan sistem daring menggunakan zoom. Bagi yang sudah sepuh, jadi ada beberapa yang berkelompok di kampungnya di satu tempat,” paparnya.

  • Bagikan