GROBOGAN.NEWS Semarang

Pemkot Salatiga Gelar Penelitian Khusus Kejadian Kematian Ayam Mendadak di Tingkir Lor dan Sidorejo Kidul

Ilustrasi.

SALATIGA, GROBOGAN.NEWSFenomena kematian ratusan ayam di Kota Salatiga menjadi perhatian khusus Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga. Dikhawatirkan disebabkan flu burung atau avian influenza (AI).

Data yang berhasil dihimpun, peristiwa kematian ayam mendadak terjadi di peternakan di wilayah Tingkir Lor dan Sidorejo Kidul.

Saat ini, petugas Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga pun menyelidiki kematian ratusan ayam yang terjadi secara mendadak.

Demikian disampaikan oleh Kepala Dinas Pangan dan Pertanian Kota Salatiga Nunuk Dartini.

“Kematian ayam yang terjadi mendadak ini akan diujikan ke laboratorium kesehatan hewan yang ada di tingkat provinsi,” terang dia, Selasa (9/2), kemarin.

“Selama ini memang belum ada program vaksinasi AI baik dari provinsi atau kota,” sambungnya.

Lebih detail, Nunuk mengungkapkan, sebagai langkah antisipasi dinas melakukan penyemprotan disinfektan di kandang-kandang yang ada kejadian ayam mati mendadak.

“Kami meminta para peternak untuk lebih meningkatkan kebersihan kandang dan tidak mengumbar ayamnya berkeliaran,” ungkapnya.

“Kita berharap peternak melakukan pegawasan supaya ayam-ayam dari wilayah tersebut tidak keluar dulu dan tidak boleh beli ayam baru, biar masalah yang ini tuntas dulu,” sambung dia. Ari B