Pemkab Grobogan Siap Laksanakan Vaksinasi Covid-19, Tahapan Awal Tenaga Kesehatan Jadi Prioritas

Ilustrasi vaksin Covid-19 atau virus corona / tempo.co
  • Bagikan

PURWODADI, GROBOGAN.NEWS-Pemerintah Kabupaten Grobogan telah memastikan kesiapan melaksanakan program vaksinasi Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Grobogan, dr. Slamet Widodo, saat ini pihaknya telah melakukan sejumlah persiapan untuk pelaksanaan vaksinasi.

“Iya, persiapan (pelaksanaan vaksinasi) sudah kami lakukan,” terang Slamet saat dikonfirmasi pada Rabu (6/1/2021).

Untuk tahapan awal, lanjut Slamet, melaksanakan pendataan terhadap warga yang akan divaksin.

Meski begitu, skala prioritas diberikan kepada tenaga medis.

Baca Juga :  Mayat Perempuan Bugil, Terikat Tali yang Ditemukan di Geyer Diduga Korban Pembunuhan

Selanjutnya, vaksinasi akan diberikan terhadap pelayanan publik seperti ASN, termasuk jajaran TNI/Polri karena masuk dalam kategori orang dengan risiko tinggi.

“Untuk tahapan awal untuk tenaga kesehatan, untuk tahapan selanjutnya untuk pelayanan publik dan para lansia yang akan dilanjutkan untuk masyarakat,” imbuh dr. Slamet.

Lebih detail, dr. Slamet menyampaikan, pihaknya mentargetkan vaksinasi untuk 70 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Grobogan atau sekitar 700 ribu warga.

Baca Juga :  Fakta Penemuan Mayat Wanita di Hutan Geyer: Identitas Terungkap, Ditemukan Gelang Perak. Diperkirakan Tewas Lima Hari Lalu, Diduga Kuat Korban Pembunuhan

Sedangkan untuk 30 persen lainnya untuk sementara tidak diberikan vaksin terlebih dahulu, yakni kalangan ibu-ibu hamil dan warga yang memiliki penyakit penyerta.

“Target kami 70 persen dari jumlah penduduk Kabupaten Grobogan,” imbuh dia

“Vaksinasi akan diperuntukan untuk tenaga kesehatan terlebih dahulu,” sambung dia.

Slamet menambahkan, untuk pelaksanaan vaksinasi, pihaknya sudah menyiapkan tenaga khusus yang telah mendapatkan pelatihan teknis tata cara pelaksanaan vaksinasi.

Baca Juga :  Info Penting. BRT Trans Jateng Rute Semarang-Godong Diresmikan Gubernur Ganjar dan Bupati Grobogan. Ganjar : Pemerintah Daerah Harus Siapkan Angkutan Terusan

Untuk sosialiasi kepada masyarakat, Slamet menyebutkan akan melibatkan berbagai pihak.

“Kami juga telah menyiapkan tempat penyimpanan vaksin.

Sosialasinya (pelaksanaan vaksinasi) akan melibatkan berbagai pihak,” imbuh dia.

Sebelumnya diberitakan, untuk meyakinkan masyarakat dengan keamanan vaksin Covid-19, para kepala daerah diharapkan memberi contoh bagi masyarakat agar dapat memberikan respon positif secara luas.

  • Bagikan