PEKALONGAN, GROBOGAN.NEWS-Guna mencegah penularan virus corona atau Covid-19 diharuskan menegakan disiplin protokol kesehatan (prokes). Seperti layanan perpustakaan daerah Dinas Kearsipan dan Perpustakaan (Dinarpus) Kota Pekalongan yang tetap membuka layanan seperti biasanya.

Meskipun dilakukan secara terbatas, baik jumlah kunjungan, pembuatan kartu anggota, maupun layanan peminjaman atau pengembalian buku di masa pandemi Covid-19 ini.

Kepala Seksi Akuisisi, Pengolahan dan Layanan Pustaka di Kantor Perpustakaan dan Arsip Daerah Kota Pekalongan, Junaenah menyampaikan upaya pencegahan penyebaran Covid-19 tidak hanya dilakukan dengan penerapan protokol kesehatan (prokes) ketat baik bagi pengunjung maupun petugas.

Namun juga dilakukan dengan sterilisasi buku di perpustakaan, dengan melakukan penyemprotan disinfektan secara berkala.

“Sterilisasi buku di perpustakaan, kami lakukan berkala secara manual sebagai upaya mencegah penyebaran Covid-19, ketika buku selesai dipinjam atau dibaca oleh pemustaka,” ungkap Junaenah saat dikonfirmasi pada Sabtu (12/12).

“Selanjutnya, buku akan kami tempatkan di satu ruangan tertentu dan akan kami semprot dengan disinfektan sebagai langkah pencegahan penyebaran Covid-19,” imbuh dia.

Halaman:
1   2   All