Guru dan Dosen Non-PNS Dapat Bantuan Subsidi Upah, Ini Cara Cek Penerima dan Pencairan Bantuan Rp1,8 Juta

Ilustrasi uang. Foto: Pixabay
  • Bagikan

GROBOGAN.NEWS – Pemerintah melalui Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan (Kemdikbud) telah mengumumkan bakal menyalurkan bantuan tunai berupa subsisi upah kepada tenaga pendidik dan kependidikan non-PNS dengan masing-masing bakal menerima sebesar Rp1,8 juta.

Kemdikbud telah menganggarkan dana hingga Rp3,6 triliun untuk Bantuan ini diberikan kepada lebih dari 2 juta penerima, yang terdiri dari pendidik dan tenaga kependidikan.

Pendidik dan tenaga pendidik yang dimaksud termasuk guru, dosen, guru yang diberi tugas sebagai kepala sekolah, pendidik PAUD, dan pendidik kesetaraan. Sedangkan tenaga kependidikan termasuk tenaga kepustakaan, tenaga laboratorium, dan tenaga administrasi.

Baca Juga :  Satu dari 7 Saksi Kasus Korupsi Perum Perindo Tewas di Ruang Sidang Kejagung

Persyaratan bagi pendidik dan tenaga kependidikan (PTK) penerima bantuan subsidi gaji ini, dikutip dari laman setkab.go.id yaitu:
1. Warga Negara Indonesia (WNI);
2. Tidak berstatus Pegawai Negeri Sipil (Non-PNS);
3. Memiliki penghasilan di bawah Rp5 juta per bulan;
4. Tidak menerima Bantuan Subsidi Upah/Gaji dari Kementerian Ketenagakerjaan (Kemnaker); dan
5. Tidak menerima Kartu Prakerja sampai dengan tanggal 1 Oktober 2020.

Baca Juga :  Ironis! 82 Persen Koruptor yang Ditangkap KPK Lulusan Perguruan Tinggi

Adapun alasan bantuan tidak diberikan kepada penerima subsidi gaji dari Kemnaker dan Kartu Prakerja adalah agar bantuan sosial yang diberikan pemerintah dapat adil, merata, dan tidak tumpang-tindih.

Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Makarim menyebutkan bahwa bantuan subsidi upah ini akan disalurkan secara bertahap hingga akhir November 2020. Sedangkan untuk mekanisme pencairan yakni melalui rekening yang dibuat Kemdikbud di bank untuk setiap PTK penerima bantuan.

Baca Juga :  Kapolri Bakal Tindak Tegas Anggotanya yang Lakukan Pelanggaran Saat Bertugas

Lantas bagaimana cara mencairkan bantuan subsidi gaji bagi PTK itu?

Langkah pertama yang harus dilakukan adalah memastikan bahwa PTK sudah terdaftar sebagai penerima bantuan. Caranya dengan mengakses ke laman info.gtk.kemdikbud.go.id untuk guru dan dosen, atau ke laman pddikti.kemdikbud.go.id untuk perguruan tinggi.

PTK dapat login dengan memasukkan email yang telah diverifikasi atau melakukan pengaturan ulang melalui Dapodik sekolah masing-masing bila terjadi kesalahan data.

  • Bagikan