GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Heru Hidayat Merasa Dizalimi Jaksa. Tuntutan Mati Di Luar Dakwaan di Kasus Korupsi PT Asabri

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Terdakwa dalam kasus korupsi PT Asabri, Heru Hidayat mengaku dirinya dizalimi oleh Jaksa Penuntut Umum (JPU).

Kezaliman Jaksa itu menurutnya terlihat dalam tuntutan hukuman mati yang ditujukan kepada dirinya dalam kasus itu.

Ia menggap jaksa zalim, karena sebelumnya, jaksa tidak pernah mencantumkan ancaman hukuman mati dalam dakwaannya.

“Kezaliman yang berlindung di balik topeng penegak hukum,” kata Heru saat membacakan pleidoi dalam lanjutan sidang kasus korupsi  Asabri di Pengadilan Tindak Pidana Korupsi Jakarta, Senin (13/12/2021).

Heru Hidayat, Komisaris PT Trada Alam Minera itu mengatakan, dalam dakwaan jaksa tidak pernah mencantumkan Pasal 2 ayat 2 Undang-Undang Tindak Pidana Korupsi.

Pasal tersebut memiliki tuntutan maksimal, yaitu mati. Heru bilang tuntutan jaksa hanya menyebut dirinya menyalahi Pasal 2 Ayat 1 UU Tipikor.

“Hal tersebut jelas menunjukkan bahwa tuntutan yang dilakukan Jaksa adalah tuntutan yang di luar dakwaan,” kata dia.

Heru berujar tuntutan itu juga tidak sesuai dengan fakta. Misalnya, kata dia, mengenai tuduhan jaksa bahwa dia melakukan pencucian uang dengan membeli uang kripto, Bitcoin. Heru mengatakan tidak pernah berinvestasi Bitcoin. Dia mengatakan tuduhan itu juga tak pernah terbukti dalam persidangan.

Heru mengatakan jaksa juga menyatakan dirinya memperkaya diri sebanyak Rp 12,6 triliun. Heru mengklaim jaksa gagal menunjukkan bukti aliran duit itu kepada dirinya selama persidangan.

Di akhir pleidoinya, Heru meminta maaf ke keluarganya. Dia juga memohon maaf ke majelis hakim. Dia berharap majelis hakim memberi keadilan padanya.

Sebelumnya, Jaksa penuntut umum menuntut Heru Hidayat dengan hukuman mati dalam sidang di Pengadilan Tipikor Jakarta, Senin (6/12/2021).

Heru dinilai terbukti melakukan korupsi yang mengakibatkan kerugian negara sebesar Rp 22,788 triliun dari pengelolaan dana PT Asabri (Persero) serta pencucian uang.

www.tempo.co

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/12/dituntut-mati-di-kasus-asabri-heru-hidayat-zalim-tuntutan-jaksa-di-luar-dakwaan/2/