Ortu Khawatirkan Anak Saat Pembelajaran Tatap Muka? Simak 8 Tips Ini

Hartopo Sekolah Tatap Muka
Bupati Kudus Hartopo meninjau SMP 1 Jekulo dan SMA 1 Bae terkait pembelajaran tatap muka, Senin (12/4) kemarin. Ist
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Pembelajaran tatap muka (PTM) bagi daerah yang memiliki status PPKM level 1-3 memang menggembirakan.

Akan tetapi, di sisi lain hal itu memunculkan kekhawatiran bagi sebagian orang tua siswa. Apakah anak-anak mereka akan terjamin kesehatannya saat kembali ke sekolah?

Kekhawatiran itu hal yang wajar karena pademi Covid-19 masih terus berlangsung hingga saat ini. Dan yang penting untuk direrapkan adalah menjaga keselamatan anak-anak, keluarga, dan satu sama lain.

Baca Juga :  Terjerat Kasus Suap, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Dikabarkan Resmi Tersangka

Pakar parenting, Caroline Maguire menjelaskan orang tua adalah panutan terbesar bagi anak.

“Kita perlu memperhatikan emosi kita sendiri agar dapat hadir untuk anak-anak kita. Tidak apa-apa untuk mengungkapkan kecemasan dan kekhawatiran, tetapi kita harus berusaha untuk tetap tenang,” katanya.

 

8 Hal yang Perlu Dipersiapkan

Maguire juga membagikan beberapa tips untuk mempersiapkan anak kembali ke sekolah, seperti dilansir dari laman Mind Body Green berikut ini.

Baca Juga :  UU ITE Jadi Dasar Luhut dan Moeldoko Laporkan Aktivis ke Polisi

 

  1. Buat rencana

 

Setelah Anda mengetahui rincian peraturan sekolah dan ketika mereka berubah—bagikan dengan anak Anda. Apakah akan ada aturan memakai masker? Apa harapan terkait jarak sosial? Buat bersama rencana sebelum dan sesudah sekolah dengan anak Anda yang membahas prosedur ini.

Ini akan membantu mengurangi kecemasan mereka, terutama ketika pedoman bergeser dan berubah seiring berjalannya tahun ajaran, dan membantu manajemen waktu. Perhitungkan waktu tambahan, buat garis waktu.

Baca Juga :  Duh, Pengumuman Hasil Seleksi Guru PPPK Ditunda. Tapi Kemdikbud Janji Tak Akan Rugikan Peserta

 

  1. Mempersiapkan, mempratinjau, dan memecahkan masalah

 

Mempratinjau seperti apa sekolah itu dapat membantu anak Anda memproses kekhawatiran dan memecahkan masalah yang berpotensi menjadi rintangan. Tanyakan apa yang mereka harapkan dan apa yang mereka khawatirkan.

Halaman:
1   2   Show All

  • Bagikan