Viral Pendaki Rekam Longsoran di Kawah Merapi, Ini Kata BPPTKG: Tidak Bisa Dibenarkan

Gunung Merapi. Foto: Twitter/BPPTKG
  • Bagikan

YOGYAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Sebuah video yang menunjukkan longsoran material di kawah Gunung Merapi beredar di media sosial Instagram, Jumat (27/11/2020). Padahal saat ini, Gunung Merapi dalam status siaga dan aktivitas pendakian telah dilarang.

Video tersebut diunggah pemilik akun Instagram @laharbara pada Jumat (27/11/2020). Ada beberapa video yang diunggah. Salah satunya yang berdurasi 33 detik, menampilkan rekaman peristiwa longsoran material di kawah Merapi.

“Terjadi longsoran di kawah 48. Allahu Akbar. Besar sekali longsorannya. Jangan pernah coba-coba ke sini,” kata pria dalam rekaman video.

Pada bagian keterangan, pemilik akun menggambarkan material longsoran Gunung Merapi tersebut sangat besar dan suaranya lebih keras dari dentuman meriam. Pengunggah video menyebut video diambil dari jarak 50 meter dari longsoran.

“Semua ini saya lakukan agar masyarakat lereng Merapi paham tentang bahaya Merapi, biar selalu waspada. Selalu mengikuti anjuran pihak-pihak yang terkait,” tulis akun tersebut.

Sementara video lainnya yang berdurasi dua menit, pemilik akun menampilkan rekaman kondisi tebing kawah serta memperlihatkan keberadaan kubah lava yang diperkirakan memiliki tinggi 75 meter.

Tidak Bisa Dibenarkan

Terkait video tersebut dan aksi pendaki yang melakukan misi pendakian ke puncak Gunung Merapi di saat status siaga, Balai Penyelidikan dan Pengembangan Teknologi Kebencanaan Geologi (BPPTKG) menyesalkan hal itu dan berharap tidak ada lagi misi pendakian serupa pada saat ini.

  • Bagikan