Varian Delta Sudah Rambah 9 Provinsi. Kenali Ciri-cirinya

Ilustrasi Covid 19
Ilustrasi memakai masker saat pandemi virus corona. Pixabay
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Penyebaran varian Delta, kini sudah dapat diprediksi melalui rata-rata angka CT value hasil tes swab PCR.

Hal itu diungkapkan langsung oleh Menteri Kesehatan (Menkes), Budi Gunadi Sadikin. Indikatornya, menurut Budi,daerah dengan rata-rata CT value rendah, kemungkinan besar sudah terpapar varian delta.

Baca Juga :  Terjerat Kasus Suap, Wakil Ketua DPR Azis Syamsuddin Dikabarkan Resmi Tersangka

Budi mencontohkan daerah yang sudah dimasuki varian delta, misalnya, Provinsi Sumatera Barat, rata-rata CT value-nya 8,22.

Sebelum varian delta masuk, rata-rata CT yang paling rendah 12,15.

“Dari data itu kami bisa menduga bahwa daerah yang rata-rata CT minimalnya rendah itu kemungkinan sudah dimasuki Delta,” ujar Budi dalam konferensi pers daring, Jumat, 9 Juli 2021 lalu.

Baca Juga :  Pendukung Jokowi di Jatim Dukung Ganjar, Relawan Puan Yakin Rekomendasi Tetap ke Puan

Varian B.1.617.2 ini merupakan tiga dari empat Varian of Concern atau VoC yang telah terdeteksi di Indonesia.

Varian baru Covid-19 tersebut dinilai lebih cepat menular dan meningkatkan keparahan risiko terhadap pasien yang terpapar.

Baca Juga :  Gegara Cemburu, Pemuda Asal Medan Tega Siram Kekasihnya dengan Air Keras Hingga Tewas

“Ciri-cirinya, pasien sembuh lebih cepat, tapi meningkat keparahannya pun lebih cepat. Sehingga intervensi therapeutic atau perawatan di rumah sakitnya juga berbeda,” ujar Budi Gunadi.

Untuk mengantisipasi penyebaran semakin meluasnya varian ini pemerintah meminta CT value dimasukkan ke sistem Kementerian Kesehatan.

Halaman:
1   2   Show All

  • Bagikan