GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Dituding Jadi Pemicu Kasus Kerumunan di Petamburan, Rizieq Shihab Dituntut 2 Tahun Penjara

Rizieq Shihab memberikan keterangan pada awak media saat tiba di Mapolda Metro Jaya, Jakarta, Sabtu, 12 Desember 2020. Kedatangan Rizieq Shihab ke Mapolda Metro Jaya untuk menjalani pemeriksaan sebagai tersangka kasus pelanggaran protokol kesehatan terkait kerumunan yang terjadi di Petamburan. Dalam kasus tersebut polisi menetapkan enam tersangka salah satunya Imam Besar FPI Muhammad Rizieq Shihab. TEMPO / Hilman Fathurrahman W

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Kerumunan yang terjadi di Petamburan, Jakarta Pusat berbuah pada tuntutan 2 thun penjara untuk bekas Pimpinan Front Pembela Islam (FPI), Rizieq Shihab.

Tuntutan tersebut mengemuka dalam sidang di Pengadilan Negeri Jakarta Pusat, Senin (17/5/2021).

“Kami meminta Majelis Hakim menjatuhkan tindak pidana penjara kepada HRS selama dua tahun dikurangi masa tahanan,” ujar koordinator JPU Teguh Suhendro dalam sidang.

Baca Juga :  Pemerintah Atur Ulang Libur dan Cuti Bersama. Ridwan Kamil Usul Libur Idul Adha Ditiadakan

JPU juga meminta Majelis Hakim menjatuhkan hukuman tambahan berupa pencabutan hak terdakwa menjadi anggota atau pimpinan organisasi masyarakat selama 3 tahun.

Jaksa juga meminta Majelis Hakim memutuskan Rizieq dilarang melakukan kegiatan dan penggunaan simbol FPI.

Sebagaimana diketahui, Rizieq Shihab dijerat UU Kekarantinaan karena membuat kerumunan di Petamburan, Jakarta Pusat pada 14 November 2020.

Baca Juga :  Kemenkeu: Pajak Pendidikan Tidak Dikenakan pada Semua Sekolah

Kerumunan Petamburan terjadi saat perayaan Maulid Nabi Muhammad SAW dan pernikahan putri Rizieq Shihab, Syarifah Najwa Shihab, yang digelar beberapa hari setelah Rizieq pulang dari Arab Saudi.

Polisi menjerat Rizieq Shihab dengan Pasal 160 KUHP tentang menghasut masyarakat supaya melakukan perbuatan pidana yang menimbulkan kedaruratan kesehatan di masyarakat.

Baca Juga :  Densus 88 Ringkus Empat Terduga Teroris Jaringan JAD di Jawa Barat

Selain Rizieq Shihab, penuntut umum juga menuntut Haris Ubaidillah, Ahmad Sobri Lubis, Ali Alwi Alatas, Idrus, dan Maman Suryadi dengan hukuman 1,5 tahun penjara.

Mereka dinilai turut membantu Rizieq menggelar kegiatan yang menyebabkan kerumunan. Redaksi

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/05/rizieq-shihab-dituntut-2-tahun-di-kasus-kerumunan-petamburan/