Sempat Diprotes, Ini Alasan Penangkapan Munarman dengan Menutup Mata Tersangka

Munarman digelandang dengan mata tertutup ke ruang tahanan Direktorat Narkoba Polda Metro Jaya, Jakarta Selatan, pada Selasa (27/4/2021) malam / Foto: Istimewa via tempo.co
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Penangkapan terhadap eks Sekjen FPI, Munarman oleh Polisi sempat diprotes lantaran disertai dengan menutup mata tersangka.

Namun, pihak kepolisian menegaskan bahwa pengkapan Munarman tersebut sudah prosedural dan tidak menyalahi aturan.

Pihak keluarga pun, yakni istri tersangka sudah mengetahui dan menandatangani surat penangkapan oleh polisi.

Hal itu ditegaskan oleh Kepala Bagian Penerangan Umum Divisi Humas Mabes Polri, Komisaris Besar Ahmad Ramadhan.

Baca Juga :  Ironis! 82 Persen Koruptor yang Ditangkap KPK Lulusan Perguruan Tinggi

Pernyataan itu diberikan, menanggapi protes dari pengacara Munarman, yang menyebut menutup mata tersangka sebagai tindakan melanggar hak azasi manusia (HAM).

“Alasannya dua. Satu, jaringan akan membuka jaringan yang lainnya. Dua, sifat bahayanya kelompok teror yang bisa berujung jiwa petugas lapangan,” ujar Ramadhan di kantornya, Jakarta Selatan, Rabu (28/4/2021).

Baca Juga :  Resmi Berlaku, Harga Tes PCR Rp 275.000 untuk Jawa-Bali, Luar Jawa-Bali Rp 300.000

Atas dua alasan itulah, kata Ramadan, serta untuk menghindari petugas menjadi target, maka perlu menutup mata pelaku agar tidak mengenali petugas.

“Jadi tujuannya untuk perlindungan terhadap petugas,” kata Ramadhan.

Eks sekretaris utama Front Pembela Islam (FPI) itu ditangkap di rumahnya, Perumahan Modern Hills, Pamulang, Selasa (27/4/2021) sore. Munarman diduga menggerakkan orang lain serta mufakat jahat untuk melakukan tindak pidana terorisme dan menyembunyikan informasi.

Baca Juga :  Kapolri Bakal Tindak Tegas Anggotanya yang Lakukan Pelanggaran Saat Bertugas

Dalam proses penangkapan, Munarman sempat memprotes cara petugas lantaran dibawa secara paksa. Ia mendapati kedua tangannya diborgol serta tak diperkenankan mengenakan sendal.

Tiba di Mapolda Metro Jaya, Munarman turun dari mobil dengan pengawalan, terlihat matanya ditutup menggunakan kain hitam.

 

Sudah Diketahui Keluarga

  • Bagikan