GROBOGAN.NEWS Pati

Sistem Satu Data Indonesia Dongkrak Sistem Kerja Bidang Statistik

Penandatanganan komitmen bersama dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) lingkup Kabupaten Pati. Kegiatan tersebut digelar penandatanganan SDI berlangsung di Ruang Peringgitan, Pendopo Pati, Senin (6/12/2021). Foto : Istimewa
Penandatanganan komitmen bersama dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) lingkup Kabupaten Pati. Kegiatan tersebut digelar penandatanganan SDI berlangsung di Ruang Peringgitan, Pendopo Pati, Senin (6/12/2021). Foto : Istimewa

PATI, GROBOGAN.NEWS-Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika (Diskominfo), Indriyanto mengharapkan penandatanganan Satu Data Indonesia (SDI) Kabupaten Pati merupakan kebijakan tata kelola data pemerintahan lingkup kabupaten bertujuan untuk mewujudkan data yang akurat, mutakhir, terpadu, terintegrasi, dan dapat diakses oleh pengguna data, sebagai dasar perencanaan, pelaksanaan, evaluasi dan pengendalian pembangunan.

Ia berharap itu mampu mendongkrak kinerja di bidang statistik.

Sehingga implementasi “Satu Data” ini mampu diterapkan secara baik di semua sektor.

“Ke depan akan diadakan pembinaan secara berkelanjutan dengan topik yang lebih teknis dengan harapan Satu Data Kabupaten Pati bisa terimplementasikan dengan baik dari semua lini,” ujarnya di sela penandatanganan komitmen bersama dalam rangka mewujudkan Satu Data Indonesia (SDI) lingkup Kabupaten.

Kegiatan tersebut digelar penandatanganan SDI berlangsung di Ruang Peringgitan, Pendopo Pati, Senin (6/12/2021).

Dijelaskannya lebih detail jika pihaknya mengucapkan terimakasihnya kepada BPS Kabupaten Pati.

Hal itu ditunjukkan dengan semangat, support dan terus sinergi yang luar biasa antara BPS dengan jajaran Pemerintah Kabupaten Pati.

Indriyanto juga menambahkan, Diskominfo Pati juga akan segera melaksanakan aksi nyata sebagai Wali Data Tingkat Daerah dengan cara segera berkoordinasi dan membina produsen data tingkat daerah.

Pada bagian lain, Bupati Pati Haryanto mengungkapkan penandatanganan ini adalah langkah awal bentuk mewujudkan satu data di Kabupaten Pati. Pihaknya mendorong jajaran pengurus di lingkup Pemda Pati membantu pengumpulan data.

“Semua OPD harus membantu pengumpulan data ini, karena data yang lengkap dan akurat ini akan membantu kebijakan pembangunan pemerintah pusat dan daerah.” ucap Bupati Pati, Haryanto.

Sebagai informasi selain dihadiri Bupati Pati Haryanto juga Wakil Bupati, Sekda, Kepala BPS Pati, Asisten dan Kepala OPD, serta camat se-Kabupaten Pati.RIS