GROBOGAN.NEWS Umum

Perkosa 12 Santriwatinya, Ini Sosok Oknum Ustaz Herry Wiryawan

Tangkapan layar wajah Herry Wiryawan, guru pondok pesantren atau ustadz di Bandung yang Tega memperkosa 12 santriwatinya hingga 9 di antaranya hamil serta melahirkan bayi. Foto/Wardoyo

BANDUNG, GROBOGAN.NEWS – Kalangan Ponpes dan Pemprov Jateng mengutuk keras perbuatan ustaz pondok pesantren, herry Wiryawan yang tega memperkosa 12 santriwatinya hingga hamil.

Wakil Gubernur Jawa Barat, Uu Ruzhanul Ulum membeberkan sosok HW (36), terdakwa pemerkosa belasan santriwati di Bandung, Jawa Barat memang sudah jauh dari tabiat lazimnya seorang pengasuh ponpes.

Dari informasi yang ia korek, sosok Herry sudah punya citra buruk di kalangan pengajar pesantren. Hal itu ia dapat dari hasil penelusurannya kepada sejumlah pihak.

“Ternyata memang saya bertanya kepada orang-orang yang kenal. Dia (HW) memang pernah pesantren, tapi enggak bener, terus dia berperilakunya tidak sama dengan komunitas pesantren yang lainnya,” kata Uu dalam keterangan pers, Kamis (8/12/2021).

Sementara itu, Ketua Forum Pondok Pesantren Kota Bandung Aceng Dudung mengatakan, pelaku HW kerap mengaku sebagai pimpinan atau pengurus dari Forum Pondok Pesantren Bandung dan Jawa Barat.

Berdasarkan keterangan yang ia terima, menurut Aceng, yayasan yang dikelola pelaku memiliki sekitar 30 santri.

“Menurut pengetahuan saya, dia itu sebagai pokja, tapi suka mengaku pimpinan (pondok pesantren). Yang jelas, oknum tersebut sebagai penunggu sekaligus pengelola rumah tahfidz di daerah Antapani. Mengurus santri lebih kurang 30,” kata Aceng saat dihubungi, Kamis.

Menurut Aceng, HW sering mengaku sebagai pimpinan forum untuk memudahkan berkomunikasi dengan pihak-pihak yang berkepentingan.

Diduga hal itu dilakukan untuk memudahkan komunikasi, bahkan mengaku juga sebagai pengurus forum Ponpes di Jabar.

Aceng mengutuk keras perbuatan pelaku dan meminta aparat penegak hukum memberi hukuman berat.

Ia pun berharap kejadian itu tidak memberikan citra negatif terhadap pesantren.

“Saya mengutuk keras atas oknum pesantren yang melakukan pelecehan seksual terhadap santriwati. Saya merasa prihatin terhadap kejadian ini, terutama masyarakat yang sudah begitu baik mengamanahkan kepada pesantren. Tapi sekali lagi, kasus ini jarang sekali terjadi (di lingkungan pesantren),” ujar Aceng.

 

Menurut Aceng, rencananya Kementerian Agama Jawa Barat akan mengadakan rapat koordinasi untuk menyikapi kasus tersebut.

“Nanti kita akan mengadakan kumpulan dengan seluruh pesantren. Saya komunikasi dengan Kemenag, mungkin minggu ini akan mengadakan rakor dengan seluruh pesantren dan akan ada pembinaan dari Kemenag,” kata dia.

www.tribunnews.com

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/12/wagub-jabar-bongkar-tabiat-buruk-sosok-herry-wiryawan-ustadz-ponpes-di-bandung-yang-tega-perkosa-12-santrinya-hingga-hamil-ternyata-begini-kelakuan-aslinya/2/