GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Menkes Sudah Siapkan 16.000 Oksigen Generator untuk Hadapi Kemungkinan Masuknya Varian Omicron

Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin. Foto: Muchlis Jr - Biro Pers Sekretariat Presiden

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin menyatakan telah mempersiapkan rumah sakit untuk menghadapi  kemungkinan penularan Covid-19 varian Omicron.

Mulai dari tempat tidur, obat-obatan maupun oksigennya, menurut Menkes, sudah dipersiapkan dengaan baik.

“Setidaknya ada 16 ribu lebih oksigen generator dan 31 oksigen konsentrator sudah kita pasang agar bisa mempersiapkan,” kata Budi Gunadi dalam konferensi pers virtual, Senin (27/12/2021).

Meskipun begitu, dia berharap masyarakat tetap disiplin menjalankan protokol kesehatan agar tidak terjadi penyebaran Omicron yang masif.

Dia juga menekankan pentingnya mempercepat vaksinasi, terutama kalangan yang berisiko, yaitu lansia dan orang-orang yang imunitasnya terganggu.

“Harus cepat kita vaksinasi agar mereka tidak tertular oleh Omicron,” ujarnya.

Dia mengatakan, akan mendatangkan 15 mesin genome sequencing baru di awal tahun depan. Mesin itu akan disebarkan ke seluruh pulau-pulau di Indonesia agar tes dan jaringan lebih cepat.

Menurut dia, 98 persen kasus Omicron adalah terjadi karena orang-orang pulang dari luar negeri.

Karena itu, Budi akan memperketat karantina masuk dari luar negeri untuk mencegah penyebaran varian Omicron Covid-19.

“Kalau teman-teman tanya, wah menyulitkan, memang menyulitkan tapi hanya untuk puluhan ribu rakyat yang kita yang relatif lebih mampu yang memang kemarin jalan keluar negeri,” kata Budi

Hal itu dilakukan, menurutnya, karena harus melindungi 270 juta rakyat yang kondisinya sudah baik.

“Jadi tolong dipahami proses karantina, kedatangan luar negeri untuk warga negara Indonesia akan kita perketat,” ujarnya. Redaksi

 

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/12/ini-kesiapan-pemerintah-hadapi-omicron-mulai-dari-pengetatan-karantina-hingga-pasang-16-000-oksigen-generator/2/