GROBOGAN.NEWS Umum Magelang

Ganasnya Bara Api Hanguskan Pabrik Kayu di Kaligondang Purbalingga

Petugas gabungan saat bekerja keras memadamkan api yang membakar bangunan pabrik kayu UD Berkat Jaya di Desa/Kecamatan Kaligondang, Kabupaten PurbaIingga, Rabu (1/12/2021) siang. Foto : Ist

PURBALINGGA, GROBOGAN.NEWS-Peristiwa kebakaran melanda bangunan pabrik kayu UD Berkat Jaya di Desa/Kecamatan Kaligondang, Kabupaten PurbaIingga, Rabu (1/12/2021) siang.

Informasi yang berhasil dihimpun, tidak ada korban jiwa akibat musibah tersebut, namun korban mengalami kerugian material puluhan juta rupiah.

Kapolsek Kaligondang Iptu Khaliman mengungkapkan, musibah kebakaran yang terjadi di pabrik kayu di wilayah Desa Kaligondang terjadi pada Rabu hari ini sekira jam 09.30 WIB.
Kebakaran terjadi di ruang penampungan serbuk kayu milik UD Berkat Jaya Kaligondang.

“Tidak ada korban jiwa akibat kebakaran tersebut. Namun ruang penampungan serbuk kayu berukuran 12 x 6 meter terbakar. Kerugian ditaksir mencapai Rp. 20 juta,” terang Kapolsek Iptu Khaliman.

Lebih detail, Kapolsek menjelaskan, berdasarkan keterangan sejumlah saksi, sebelum kejadian saksi bernama Trimo (45) dan Suwono (40) pekerja di lokasi melakukan aktivitas menggergaji kayu.

Saat itu, keduanya melihat percikan api dari mesin penggergajian kayu.

“Percikan api membakar serbuk gergajian kayu yang kemudian menjalar ke bangunan penyimpanan serbuk kayu tersebut,” jelasnya.

Kapolsek menambahkan, api akhirnya berhasil dipadamkan setelah mobil pemadam kebakaran didatangkan ke lokasi. Petugas pemadam kemudian memastikan api sudah sepenuhnya padam agar tidak merembet ke bangunan lain.

“Penyebab kebakaran diduga kuat akibat mesin pemotongan kayu yang tidak tajam. Sehingga saat digunakan mengakibatkan percikan api yang kemudian menyebabkan kebakaran,” imbuh Iptu Khaliman. TBR