GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Seiring Menurunnya Angka Kasus, Menurun Pula Jumlah Kematian Akibat Covid-19

Luhut Binsar Panjaitan. Foto: instagram LBP.

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS Seiring dengan menurunnya angka kasus positif Covid-19 di tanah air, menurun pula angka kematian akibat virus tersebut.

Bahkan, Koordinator PPKM Jawa Bali, Luhut Binsar Pandjaitan menyebut, jumlah kematian akibat Covid-19 tak lebih dari kondisi sebelum pandemi melanda.

Luhut menyampaikan laporan yang diterima dari epidemiolog bahwa tingkat kematian akibat Covid-19 di tanah air sangat menurun.

“Jumlah pemakanan itu sudah sama dengan sebelum pandemi,” kata Luhut yang juga Menteri Koordinator Kemaritiman dan Investasi ini dalam konferensi pers virtual, Senin ( 8/11/2021).

Data tersebut, kata dia, dirangkum dari laporan yang ada di rumah sakit hingga tempat pemakaman.

“Semua menunjukkan angka yang bagus,” kata dia.

Selain itu, Luhut menyebut Reproduction Rate (Rt) atau rata-rata jumlah kasus baru di Indonesia, Jawa, dan Bali saat ini masih berada di bawah angka 1. Untuk Jawa, Rt berada di level 0,93 dan Bali 0,97. Hal ini, kata dia, menunjukkan terkendalinya penanganan pandemi masih terkendali.

Presiden Joko Widodo (Jokowi) juga memimpin rapat terbatas bersama para menteri. Dalam rapat, Jokowi pun mengingatkan agar semua pihak tetap berhati-hati.

Jokowi mengingatkan agar semua orang bisa belajar dari kejadian di Eropa, di mana terjadi lonjakan kasus harian akibat lalainya masyarakat menerapkan protokol kesehatan.

“Jadi saya ndak bosan-bosannya sampaikan, masalah protokol kesehatan ini, dan kehati-hatian kita harus sangat tinggi,” kata dia.

Sebab, kata Luhut, pemerintah juga memantau masih ada tren kenaikan kasus harian Covid-19 di Jawa Bali. Kenaikan itu terjadi di 43 kabupaten kota, dari 128 kabupaten kota yang ada di Jawa Bali.

Kenaikan tren kasus ini terjadi dalam seminggu terakhir.

“Kami akan kumpulkan 43 ini untuk segera mengidentifikasi dan melakukan intervensi demi menahan tren kenaikan ini,” kata dia.

www.tribunnews.com

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/11/luhut-bilang-angka-kematian-akibat-covid-19-sudah-jauh-menurun-seperti-sebelum-pandemi/2/