GROBOGAN.NEWS Grobogan

Pohon Tumbang di Jalan Semarang-Purwodadi Timpa Kabin Truk Bermuatan Batu Bara yang Melintas

Proses evakuasi batang pohon yang tumbang  menimpa kabin truk di Jalan Semarang-Puwodadi, Selasa (23/11/2021) pagi menggunakan crane. Foto : Istimewa

PURWODADI, GROBOGAN,NEWS-Peristiwa mengejutkan terjadi di wilayah Godong, Kabupaten Grobogan, Selasa (23/11/2021) pagi.

Satu pohon dengan ukuran besar yang terletak di bilangan Jalan Purwodadi-Semarang di wilayah Desa Bringin, Godong, tumbang.

Batang pohon tersebut menimpa badan truk dengan muatan batu bara yang kebetulan melintas di kawasan tersebut.

Insiden kecelakaan tersebut terjadi pada pagi hari sekira pukul 05.00 WIB. Peristiwa ini sempat mengakibatkan kemacetan. Setelah petugas dari Satlantas Polres Grobogan tiba kemacetan langsung terurai di jalur perlintasan tersebut.

Beruntung tidak ada korban jiwa akibat peristiwa tersebut. Hanya saja proses evakuasi batang pohon yang tumbang membutuhkan waktu yang cukup lama, yakni sekitar 4 jam.

Truk kemudian disingkirkan dan proses evakuasi pohon tumbang ini dilakukan secara manual oleh tim BPBD Grobogan

Informasi yang berhasil dihimpun, truk bermuatan batu bara dengan nomor kendaraan H 8799 HA yang dikemudikan oleh Yono, warga Kendal.

Saat tertimpa batang pohon, Suyono dan kernetnya bernama Very langsung turun dari atas truk.

Insiden kecelakaan terjadi ketika truk bermuatan batu bara yang melintas pelan dari arah Semarang menuju Sragen, Sesampainya di lokasi kejadian tiba-tiba terhenti setelah pohon besar yang berdiri di samping jalan ini ambruk hingga menimpa kabin truk.

Menurut Kasi Kedaruratan BPBD Groboga Masrichan, setelah menerima laporan kejadian tersebut, jajarannya langsung menuju lokasi guna proses evakuasi.

Dalam proses evakuasi, menurut Masrichan, terpaksa menggunakan crane. Hal itu dikarenakan badan pohon yang menimpa kabin truk pengangkut batu bara tersebut cukup besar.

Dalam proses evakuasi, Masrichan mengungkapkan membutuhkan waktu sekira 4 jam.

“Laporan yang kami terima adanya peristiwa pohon rubuh menimpa truk pada pukul 05.00 WIB pagi. Petugas langsung mendatangi lokasi untuk proses evakuasi. Tidak ada korban jiwa ataupun korban luka,” terang Masrichan.

“Pohon yang tumbang cukup besar, proses evakuasi menggunakan crane. Dalam proses evakuasi ada dukungan dari DPUPR Bina Marga Jateng, jajaran petugas kepolisian dari Satlantas Polres Grobogan, Polsek Godong membantu mengatur lalu lintas selama proses evakuasi,” imbuh dia.
Masrichan menyampaikan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu proses evakuasi.

“Kami mengucapkan terima kasih kepada seluruh pihak yang membantu proses evakuasi batang pohon yang tumbang pagi tadi,” imbuh dia. Arya