GROBOGAN.NEWS Kudus

Pemkab Kudus Optimistis Vaksinasi Covid-19 untuk Lansia Capai 60 Persen pada Akhir Tahun

Ilustrasi : Bupati Kudus HM. Hartopo.Ist

⁹KUDUS, GROBOGAN.NEWS-Program vaksinasi Covid-19 di Kudus terus digencarkan.

Vaksinasi Covid-19 untuk kelompok lanjut usia (lansia) pun menjadi salah satu program prioritas.

Pemerintah Kabupaten Kudus pun telah menargetkan akhir 2021 bisa melakukan vaksinasi Covid-19 hingga 60 persen.

Menurut Bupati Kudus H.M Hartopo, dalam penetapan level PPKM memang tidak hanya cakupan vaksinasi Covid-19 untuk lansia, melainkan ada faktor mobilitas penduduknya.

 

Namun, vaksinasi lansia tetap menjadi pertimbangan utama naik level.

 

Hartopo pun mengaku optimistis Kudus bisa turun level karena salah satu penyebab naiknya level PPKM dari level 2 menjadi level 3 karena cakupan vaksinasi lansia yang masih rendah.

 

“Kita mengucap syukur Alhamdulillah saat ini Kabupaten Kudus berhasil mencapai target vaksinasi untuk dosis pertama sebesar 40 persen, sedangkan akhir tahun ini mudah-mudahan bisa meningkat menjadi 60 persen,” terang Bupati Kudus Hartopo.

 

Disampaikan lebih detail oleh Hartopo,
Adanya pasokan vaksin hingga 43.000 dosis, pihaknya mengaku optimistis bisa mencapai target vaksinasi hingga 60 persen dari rencana sasaran vaksinasi lansia 71.098 orang.

 

Menurut dia, sangat dimungkinkan nantinya juga akan ada tambahan vaksin.

Pada bagian lain, Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kudus Badai Ismoyo membenarkan bahwa capaian vaksinasi lansia untuk dosis pertama sesuai data lapangan memang sudah mencapai 40 persen.

Ia pun menyebut, sasaran selanjutnya memburu target akhir tahun bisa mencapai 60 persen.

“Untuk mencapai target vaksinasi untuk lansia sebesar 60 persen salah satunya dengan mengupayakan dengan melakukan vaksinasi jemput bola. Kami juga akan berkoordinasi dengan berbagai pihak untuk membantu terkait akses maupun psikologi lansia karena ada yang menganggap vaksinasi tidak perlu dengan usia mereka,” imbuh dia. Ahmad