GROBOGAN.NEWS Grobogan

Operasi Zebra Candi 2021 Resmi Digelar. Inilah Target dan Sasarannya. Orientasikan Edukasi Kedisiplinan Prokes

Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi memimpin Apel Siaga Operasi Zebra Candi 2021, di Mapolres setempat, Senin (15/11/2021).
Foto : istimewa

PURWODADI, GROBOGAN.NEWS-Kapolres Grobogan AKBP Benny Setyowadi memimpin Apel Siaga Operasi Zebra Candi 2021, di Mapolres setempat, Senin (15/11/2021).

 

Operasi Zebra Candi 2021 dalam rangka persiapan Natal dan Tahun Baru (Nataru) di tengah masa pandemi Covid-19.

 

Digelarnya apel siaga ini menjadi awal dimulainya operasi selama 14 hari ke depan, yakni mulai dari tanggal 15 sampai dengan 28 November 2021.

 

Operasi Zebra Candi ini digelar dalam rangka cipta kondisi, keamanan, keselamatan, ketertiban dan kelancaran lalu lintas (Kamseltibcarlantas).

 

Turut hadir dalam kegiatan tersebut Bupati Grobogan Sri Sumarni, Ketua DPRD Agus Siswanto dan jajaran Forkopimda lainnya.

 

AKBP Benny Setyowadi membacakan amanat langsung dari Kapolda Jawa Tengah Irjen Pol Ahmad Luthfi.

 

Kapolres Grobogan menegaskan bahwa petugas yang terlibat operasi mendapati adanya pelanggaran hanya memberikan pemahaman, himbauan, dan mengingatkan kepada pengendara agar tidak mengulangi lagi kesalahannya.

 

“Operasi zebra candi memiliki maksud dan tujuan mengurangi jumlah pelanggaran yang berakibat terjadinya peristiwa laka lantas,” tutur dia.

 

Ia mengingatkan kepada masyarakat bahwa budaya Jawa Tengah termasuk di Kabupaten Grobogan dicerminkan dengan budaya berlalu lintas atau etika berkendara saat menggunakan sarana jalan.

 

Pihaknya menghimbau masyarakat jateng jika ingin menjunjung budaya Jawa Tengah dapat diwujudkan dalam etika berlalu lintas.

 

“Apabila masyarakat menjunjung tinggi etika berlalu lintas maka pelanggaran menurun dan tingkat kecelakaan lalu lintas menurun,” tandasnya.

 

Lebih lanjut, AKBP Benny Setyowadi menjelaskan pelaksanaan Operasi Zebra Candi ini tidak berorientasi pada penegakan hukum lalu lintas semata.

 

Pelaksanaan kegiatan dapat diarahkan pada pola preemtif dan preventif berupa tindakan simpatik dan humanis dalam rangka membangun kepercayaan masyarakat kepada Polri.

“Operasi Zebra Candi 2021 diharapkan agar selalu mengedepankan prinsip keselamatan dan keamanan personel dengan berpedoman pada standar operasional prosedur yang telah ditetapkan,” pesan AKBP Benny Setyowadi.

 

Dalam arahannya, lanjut AKBP Benny, Kapolda Jateng Irjen Pol Ahmad Luthfi menekankan dalam Operasi Zebra Candi 2021 ini, para personel wajib menyiapkan mental dan fisik yang dilandasi dengan komitmen moral dan disiplin kerja yang tinggi serta waspada dan jaga keselamatan dalam pelaksanaan tugas.

 

“Bertindak secara tegas, namun tetap humanis terhadap setiap pelanggaran hukum lalu lintas yang dapat menimbulkan gangguan kamseltibcar lantas. Tetap patuhi protokol kesehatan Covid-19 serta jaga kesehatan diri masing masing dalam pelaksanaan tugas,” pesan AKBP Benny.

 

Pada bagian lain, Kasatlantas Polres Grobogan AKP Sri Martini menyampaikan digelarnya Operasi Zebra ini dilaksanakan dalam rangka cipta kondisi.

 

Cipta kondisi yang dimaksud yakni kondisi keamanan, keselamatan, ketertiban, dan kelancara lalu lintas (Kamseltibcarlantas) menjelang Natal 2021 dan Tahun Baru 2022 di masa pandemi.

 

“Kami imbau agar dalam pelaksanaan Operasi Zebra Candi 2021, warga Kabupaten Grobogan tetap patuh terhadap peraturan lalu lintas yang berlaku, juga tetap mematuhi protokol kesehatan saat berkendara,” tandas AKP Sri Martini. Arya