GROBOGAN.NEWS Semarang

Inilah Program Normalisasi Drainase dengan Sistem Kantong Air di Kota Semarang

Kepala DPU Kota Semarang, Sih Rianung. Foto : Ist

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Dinas Pekerjaan Umum (DPU) Kota Semarang melaksanakan normalisasi drainase. Salah program normalisasi drainase yang dikerjakan dengan  sistem penampungan air atau kantong air.

 

Kepala DPU Kota Semarang, Sih Rianung, kepada awak media menyampaikan, sistem ini bekerja untuk menampung air sementara saat air mengantre masuk ke saluran.

 

Sehingga, air tidak akan menggenang di jalan saat terjadi hujan lebat dalam kurun waktu yang lama.

 

“Desain kantong air ini  belum ada di Semarang, kedepan akan kami coba diterapkan di wilayah yang kerap terendam misalnya di Jalan Gajah, dan lainnya,” kata dia, kemarin.

 

“Kita hindari pembebasan lahan, deasin ini akan dicoba saat melakukan normalisasi ataupun membuat saluran air,” tuturnya lebih lanjut.

 

Ketika terjadi genangan, Rianung menjelaskan DPU mengupayakan genangan tidak berlangsung dalam waktu lama. Banjir kata dia,  terjadi lantaran aliran air di drainase tidak lancar karena ada tumpukan sampah dan sedimentasi yang dibawa air.

 

“Seluruh pegawai DPU kami kerahkan. Kami cek aliran. Titik-titik yang jadi penyebab, kami carikan solusi. Yang perlu dibongkar segera dibongkar. Wilayah rawan banjir masih sama, tapi kami upayakan kalau bisa satu jam bisa surut,” paparnya.

 

Mengantisipasi terjadinya bencana banjir, Rianung mengatakan, DPU memastikan kondisi pompa siap digunakan. Total ada  34 pompa di wilayah timur, 11 pompa di wilayah tengah 1, 63 pompa di wilayah tengah 2, dan 11 pompa di wilayah barat.

 

“Semua pegawai DPU harus siap kalau banjir, bidang apupun semua turun saat terjadi banjir. Kami minta mereka standby,” tegasnya. RIS I KAS