GROBOGAN.NEWS Grobogan

Inilah Dampak Angin Puting Beliung Menerpa Wilayah Klambu. Akibatkan Pohon Tumbang dan Sejumlah Rumah Alami Kerusakan. Jalan Raya Purwodadi-Kudus Sempat Macet

Petugas BPBD Grobogan bersama petugas dari PMI Grobogan tengah melakukan evakuasi batang pohon yang roboh akibat terpaan angin putingg beliung melanda wilayah Desa Klambu, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan pada Sabtu (27/11/2021) kemarin. Foto : Istimewa

KLAMBU, GROBOGAN.NEWS-Musibah angin puting beliung melanda wilayah Kabupaten Grobogan pada Sabtu (27/11/2021) kemarin.

Bencana alam yang menerpa wilayah Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan mengakibatkan sejumlah pohon tumbang. Dampak lainnya, sejumlah rumah mengalami kerusakan baik rusak ringan maupun rusak sedang.

Kepala Seksi Kedaruratan Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Grobogan Masrikan, saat dikonfirmasi awak media menjelaskan, peristiwa bencana angin puting beliung menerpa wilayah Desa Klambu, Kecamatan Klambu, Grobogan pada Sabtu (27/11/2021) antara pukul 12.00 WIB – 12.45 WIB kemarin.

“Bencana alam angin puting beliung terjadi antara pukul 12.00 – 12.45 WIB di Desa Klambu, Kecamatan Klambu, Kabupaten Grobogan,” jelas dia, kemarin.

Ia menyebutkan, sebanyak lima pohon tumbang. Batang pohon yang tumbang melintang di Jalan Kudus-Purwodadi. Arus lalu lintas di ruas jalan utama tersebut pun sempat macet.

“Pohon tumbang yang melintang di jalan berhasil dievakuasi pada pukul 13.45 WIB. Setelah proses evakuasi batang pohon di badan jalan arus lalu lintas di ruas jalan yang menghubungkan Kudus-Purwodadi kembali normal dan bisa dilalui kembali,” terang Masrikan lebih lanjut.

Ditambahkan oleh Masrikan, selain pohon tumbang, bangunan tempat parkir kendaraan di SDN 2 Klambu juga roboh. Dampak lainnya, beberapa rumah warga rusak ringan bagian atapnya karena genteng beterbangan dan jatuh. Selanjutnya, dua rumah rusak dan satu rumah di antaranya tertimpa pohon di bagian dapur.

“Untuk batang pohon yang menimpa rumah sudah dievakuasi oleh tim dengan melakukan pemotongan dengan menggunakan gergaji mesin.

Sementara itu, Kasi Pelayanan PMI Kabupaten Grobogan, Gesit Kristyawan saat dikonfirmasi awak media menjelaskan, bencana alam yang terjadi di Desa Klambu diawali dengan turun hujan, kemudian disertai tiupan angin kencang.

“Awalnya diawali turun hujan selanjutnya disertai tiupan angin kencang,” jelas dia.Arya