GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Idap Kanker Prostat, SBY, Mantan Presiden RI Bakal Berobat ke Luar Negeri

Susilo Bamabang Yudhoyono / tribunnews

SOLO, GROBOGAN.NEWS Mantan Presiden RI, Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dikabarkan menderita penyakit kanker prostat.

Kabar tersebut, akhirnya sudah diklarifikasi kebenarannya oleh staf pribadi Presiden RI ke-6 itu, Ossy Dermawan.

Ossy membenarkan, dokter mendiagnosa SBY mengalami kanker prostat stadium awal. Keputusan menjalani pengobatan ke luar negeri pun diambil.

“Benar Bapak SBY dalam waktu dekat akan melakukan medical check-up dan treatment di luar negeri. Sesuai dengan diagnosa dari Tim Dokter, Bapak SBY mengalami kanker prostat (prostate cancer),” jelas Ossy dilansir dari Tribunnews, Selasa (2/11/2021).

“Berdasarkan hasil pemeriksaan baik melalui metode MRI, biopsi, Positron Emission Tomography (PET) Specific Membrane Antigen (SMA) Scan dan pemeriksaan yang lain, kanker prostat yang diderita oleh Bapak SBY masih berada dalam tahapan (stadium) awal,” sambungnya.

Ossy turut menyebutkan bahwa langkah pengobatan segera dimatangkan oleh Tim Dokter Indonesia.

Bersama para urolog senior, keputusan yang diambil yakni melakukan medical treatment di sebuah rumah sakit di luar negeri. Rumah sakit itu dianggap memiliki pengalaman panjang dan teknologi yang maju untuk menangani kanker prostat.

Ossy menyebutkan, Tim Dokter “negara sahabat” tersebut sepakat dan bersedia untuk menangani proses pengobatan hingga penyembuhan SBY.

“Ketua Tim Dokter luar negeri dalam komunikasi langsung dengan Bapak SBY (via telemedicine), setelah mempelajari semua data kesehatan Bapak SBY, menyampaikan optimismenya untuk bisa mengatasi penyakit yang diderita Bapak SBY,” ujarnya.

Bersamaan dengan keputusan menjalani perawatan di luar negeri, SBY telah menghubungi Presiden Joko Widodo (Jokowi).

Respon yang baik pun diberikan Jokowi hingga ia mengutus anggota Tim Dokter Kepresidenan untuk mengawal berjalannya perawatan SBY.

Sementara itu, Ossy menggarisbawahi bahwa selama ini ayah dari Ketua Umum Partai Demokrat Agus Harimurti Yudhoyono (AHY) itu melalukan aktivitas sehari-harinya dengan normal.

SBY sering menunggui klub bola voli Lavani berlatih, melukis, membaca dan menulis, melalukan olahraga dan kegiatan-kegiatan lainnya.

Kabar mengejutkan ini turut membuat sejumlah tokoh mendoakan SBY agar lekas pulih. Bahkan, cuitan mengenai ”Pak SBY” telah menempati jajaran trending di Twitter.

Ossy juga menyebutkan bahwa SBY memohon doa terutama pada masyarakat Indonesia agar medical treatment berjalan dengan baik dan lancar. Linda Andini Trisnawati