GROBOGAN.NEWS Blora

Taj Yasin Takjub dengan Suasana Desa Wisata Tempuran Blora. Inilah Hal yang Diungkapkan Wagub Jateng.

Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen bersama Bupati Blora Arief Rohman saat berkunjung di kawasan wisata Desa Tempuran Blora. Foto : Ist

BLORA, GROBOGAN.NEWS-Wakil Gubernur Jawa Tengah H. Taj Yasin Maimoen bersama mengaku berkesan dan takjub dengan keindahan desa wisata Tempuran di Blora. Taj Yasin sempat menaiki perahu wisata di Waduk Tempuran.

Ketakjuban disampaikan Gus Yasin sapaan akrabnya, saat mengunjungi kawasan Wisata Tempuran bersama Bupati Blora H. Arief Rohman, pada Sabtu (6/11/2021).

Gus Yasin mengungkapkan, Desa Tempuran bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di Kab. Blora dan daerah sekitarnya.

“Yang biasanya dituju (wisatawan) adalah tempat-tempat wisata yang ekonomis, yang murah, yang bisa menengah ke bawah, dan saat ini (Desa Tempuran) ini bisa menjadi salah satu pilihan destinasi wisata di Kab. Blora dan sekitarnya,” terang Taj Yasin Maimoen.

Wakil Gubernur Jawa Tengah Taj Yasin Maimoen saat di atas perahu wisata di kawasan Waduk Tempuran Blora. Foto Ist

Dalam kunjungan tersebut, Wagub kemudian berdiskusi dengan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) dan pemerintah Desa Tempuran.

Gus Yasin mengapresiasi pengelolaan wisata di Desa Tempuran, pihaknya juga memberikan saran untuk pengembangan potensi kedepannya.

Menurutnya, Desa Wisata Tempuran memiliki potensi yang cukup besar, terlebih didukung dengan kondisi lahan yang terbilang subur.

Sehingga sangat potensial untuk pengembangan agrowisata kedepannya.

“Ini mohon saya minta dikembangkan potensinya lagi, dan tadi kita menyebrang (waduk) ada kapalnya, disana ada tujuannya, ada pohon Jambu Kristal Tempuran,” tambah Gus Yasin.

“Bukan hanya jambu saja, kalau lihat tanahnya kayaknya subur, nanti bisa dikembangkan dengan buah lainnya, misal anggur, atau disekeliling kita di Kab. Blora dan Rembang ini ada durian” tambahnya.

Wakil Gubernur yang akrab disapa Gus Yasin tersebut mengunjungi potensi agrowisata Kebun Jambu Kristal Tempuran (Kebun JKT) sekaligus mengunjungi wisata kuliner di sekitar Waduk Tempuran.

Dikatakannya, selain potensi agrowisata, tambah Wagub, potensi lain seperti sektor peternakan di Desa Tempuran juga bisa untuk dikembangkan.

“Mungkin farm, peternakan sapi kayaknya tadi rumputnya subur bisa sebagian di tanam rumput gajah nanti bisa dikembangkan potensi peternakan sapi juga bisa, peternakan sapi perah atau bisa sapi potong, ini perlu kita dorong,” terangnya.

Dikatakannya, dengan hal tersebut nantinya dapat membantu menyerap tenaga kerja setempat sekaligus mendorong perekonomian masyarakat.

“Ini diajak saja masyarakatnya, sehingga itu bisa nanti menyerap tenaga kerja, mendapatkan income di Kabupaten Blora,” tambahnya.

Tak hanya itu, di Desa Wisata Tempuran memiliki potensi wisata kuliner yang menarik, khususnya ikan. Selain itu, pengunjung juga akan disuguhkan dengan pemandangan Waduk Tempuran.

“Wisata kuliner di Desa Tempuran ini menghidangkan beberapa menu potensialnya, ada ikan bakarnya, dan yang menarik ini ada serabinya,” ucapnya.

Wagub juga meminta agar wisata di Desa Tempuran ini untuk bisa gencar dipromosikan.

Gus Yasin berpesan, seiring dengan meningkatnya keinginan masyarakat untuk berwisata saat ini, protokol kesehatan harus tetap dilaksanakan dengan baik.

“Tapi saya minta dijaga protokol kesehatannya, kita belum baik-baik saja masih perlu diketati, perlu di-elingke kalau ada yang bergerombol, terus tidak pakai masker, jaga jaraknya kurang, nanti perlu diingatkan kalau perlu jaga jaraknya di tanda,i” sambungnya.

Wagub berharap agar Desa Tempuran nanti bisa menarik wisatawan bukan hanya dari Kab. Blora, Kab. Rembang, dan sekitarnya tapi bisa dikenal lebih luas.

“Saya ucapkan terimakasih, selamat kepada teman-teman pelaku wisata di Kab. Blora khususnya Desa Tempuran, semoga ini bisa menginspirasi dan menumbuhkan perekonomian,” kata Wagub.

Sementara itu, Bupati Blora menyampaikan bahwa Desa Tempuran memiliki daya tarik tersendiri bagi wisatawan dari Blora dan sekitarnya. Bahkan pengunjungnya berasal dari berbagai daerah lain.

“Jadi Desa Tempuran adalah salah satu desa wisata yang ada di Blora dengan potensinya seperti ada waduk, ada makanan khas disini ikan-ikanan dan ini pengunjungnya selain dari Blora juga berasal dari Rembang, Pati, dan Tuban” papar Bupati.

Bupati juga meminta bimbingan sekaligus arahan dari Wakil Gubernur untuk pengembangan potensi wisata di Blora kedepannya.

“Potensi-potensi ini kedepan kami mohon dibimbing dari Pemprov untuk kita tetapkan beberapa desa yang berpotensi ini, untuk menjadi desa wisata. kita juga akan bersinergi dengan perguruan tinggi untuk pengembangan kedepannya,” kata Bupati.

Kepala Desa Tempuran, Keman, mengungkapkan bahwa kedatangan Wakil Gubernur di wilayahnya merupakan langkah awal yang baik untuk mendukung pengembangan potensi desanya.

Sekaligus memotivasi para pelaku desa wisata.

“Ini merupakan awal yang baik, bagi kami pemerintah desa untuk mendukung pelaku desa wisata kedepannya. Kami mohon saran dan bimbingannya sehingga kami dapat mengembangkan Desa Tempuran ini sebagai desa wisata,” ujar Kades Tempuran.

Pihaknya menjelaskan, bahwa pihak Desa Tempuran akan terus membenahi diri agar nantinya dapat menjadi desa wisata yang semakin baik.

“Segala kekurangan yang tadi didapati di sekitar waduk akan kami lengkapi dan saran-saran tadi alhamdulillah sebagai masukan kami, juga untuk merintis wisata kuliner kedepannya,” kata Keman. RIS