GROBOGAN.NEWS Grobogan

BIN Gelar Vaksinasi Covid-19 dengan Skema Langsung dari Rumah ke Rumah di Karangrayung Serta Gelar Vaksinasi untuk Pelajar di Kradenan

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah di Desa Sumberjosari, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Selasa (23/11/2021). Dalam penyelenggaraannya vaksinasi massal ini dilaksanakan dengan skema dari rumah ke rumah warga di Desa Sumberjosari, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan.

KARANGRAYUNG, GROBOGAN.NEWS-Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah menggelar vaksinasi Covid-19 secara massal di wilayah Desa Sumberjosari, Kecamatan Karangrayung, Grobogan, Selasa (23/11/2021).

Pelaksanakan vaksinasi massal ini digelar dengan skema langsung dari rumah ke rumah (door to door).

Sedangkan vaksinasi khusus untuk pelajar digelar di SMP N 1 Krandenan dan SMP N 2 Kradenan di Kecamatan Kradenan, Kabupaten Grobogan.

Dalam vaksinasi massal ini, Binda Jateng menyiapkan 4.500 dosis vaksin untuk masyarakat dan pelajar di Kabupaten Grobogan.

Menurut Kepala Binda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto, kegiatan vaksinasi ini merupakan bagian dari rangkaian pelaksanaan Direktif Presiden Joko Widodo  dan perintah Kepala BIN Jenderal Polisi (Purn) Budi Gunawan untuk melakukan vaksinasi terhadap sasaran spesifk dan metode spesifik, yaitu untuk masyarakat dan pelajar.

“Yang pertama ini adalah bagian dari rangkaian pelaksanaan Direktif Bapak Presiden dan perintah Bapak Kepala BIN untuk melaksanakan vaksinasi terhadap sasaran spesifik dan metode spesifik,” kata Kepala Binda Jateng, Brigjen TNI Sondi Siswanto.

“Saat ini capaian vaksinasi Kabupaten Grobogan per 21 November 2021 ini sebesar 67,34 persen, sementara di tingkat Provinsi sebesar 68,54 persen. Maka, dengan kegiatan ini diharapkan dapat membantu Kabupaten Grobogan mempercepat vaksinasi Covid-19,” sambung Brigjen TNI Sondi Siswanto.

Lebih lanjut, Brigjen TNI Sondi Siswanto menjelaskan, pelaksanakan vaksinasi Covid-19 dengan skema dari pintu ke pintu atau door to door untuk masyarakat digelar sebagai upaya mempercepat dan mempermudah masyarakat yang ingin mendapatkan suntikan vaksin Covid-19.

“Skema ini (vaksinasi dengan sistem dari pintu ke pintu) merupakan skema jemput bola agar pelayanan terhadap masyarakat dalam rangka vaksinasi bisa kita percepat bersama-sama,” terang dia.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah di Desa Sumberjosari, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Selasa (23/11/2021).

Dalam penyelenggaraannya vaksinasi massal ini dilaksanakan dengan skema dari rumah ke rumah warga di Desa Sumberjosari, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan.

“Vaksinasi door to door dilaksanakan hingga ke tingkat desa, yakni RW dan RT untuk membantu masyarakat mengakses vaksin serta meningkatkan partisipasi masyarakat mengikuti vaksinasi,” imbuhnya.

Brigjen TNI Sondi juga menyampaikan pihaknya pun mendorong agar masyarakat dapat segera memanfaatkan program vaksinasi covid-19 yang diselenggarakan pemerintah.

Dengan begitu, diharapkan kekebalan komunal segera tercapai sehingga kegiatan masyarakat bisa kembali dijalankan secara normal.

Sondi Siswanto juga menjelaskan Kabupaten Grobogan ini merupakan wilayah terluas kedua di Jawa Tengah setelah Kabupaten Cilacap dengan urutan jumlah penduduk berada di posisi nomor tujuh berdasarkan catatan Sensus Penduduk BPS 2020 yakni 1,45 juta jiwa.

Pelaksanaan vaksinasi Covid-19 yang diselenggarakan Badan Intelijen Negara Daerah (Binda) Jawa Tengah di Desa Sumberjosari, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan, Selasa (23/11/2021). Dalam penyelenggaraannya vaksinasi massal ini dilaksanakan dengan skema dari rumah ke rumah warga di Desa Sumberjosari, Kecamatan Karangrayung, Kabupaten Grobogan.

“Dengan luasnya wilayah di Kabupaten Grobogan juga diperkirakan menjadi salah satu faktor yang menghambat capaian vaksin di samping faktor lainnya,” jelas dia,

Lebih lanjut, Brigjen TNI Sondi menjelaskan, vaksinasi pelajar juga menjadi sasaran dalam pelaksanaan vaksinasi massal yang digelar Binda Jateng ini.

“Vaksinasi pelajar ini dilaksanakan sebagai upaya untuk mendukung pelaksanaan Pembelajaran Tatap Muka dan menekan terjadinya klaster pelajar,” jelas dia.Arya