GROBOGAN.NEWS Solo

Warga Kota Solo Terjerat Pinjol ? Gibran Minta Warganya Untuk Segera Lapor

Wali Kota Surakarta Gibran Rakabuming Raka. Foto : Dok.

SOLO, GROBOGAN.NEWS-Wali Kota Solo Gibran Rakabuming Raka meminta warganya yang terjerat pinjaman online (pinjol) untuk segera melapor ke pihak berwajib. Dia mengakui menerima banyak laporan masuk terkait hal itu.

Gibran memastikan, Polresta Solo telah membuka saluran khusus bagi warga Solo terjerat pinjol. Selain itu, dia juga menginstruksikan melalui masing-masing camat di Solo untuk mensosialisasikan ke warga agar tidak terjerat pinjol.

“Banyak laporan yang masuk terkait pinjol ilegal ya. Banyak warga yang WA dan DM saya, makanya kemarin saya instruksikan ke lurah dan camat-camat, bagi warga yang terjerat pinjol, silahkan laporkan,” ujarnya, Selasa (26/10/2021).

Gibran juga meminta warga Solo untuk tidak cepat tergiur dengan tawaran dari para pengada pinjol. Diakuinya, tawaran pinjaman dari pinjol sangat menarik untuk diterima.

“Saya berharap warga jangan tergiur pinjol ini. Pinjaman yang resmi, yang jelas masih banyak. Memang perlu edukasi ke warga biar tidak tergiur pinjol, karena memang menggiurkan,” imbuhnya.

Dia menyebutkan, hal terburuk dalam sistem pinjol adalah cara menagih mereka.

“Ini (cara menagih) yang tidak boleh. Banyak warga yang mendownload aplikasi pinjol, lalu duitnya cair, dan nggak bisa mengangsur, kemudian nomor yang ada diteror. Kalau sudah terjerat, segera lapor,” tegasnya. Prihatsari