GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Viral, Saat Tengok Wisma Atlet Jateng di Mimika, Gubernur Ganjar Kaget Nemu Sambal Petai

Ganjar Pranowo saat tiba di Bandara Mozes Kilangin Mimika Papua, Senin (4/10/2021) disambut ratusan masyarakat yang telah mengidolakan sosok Bapak Gubernur Jateng ini. Foto : Istimewa

MIMIKA, GROBOGAN.NEWS-Gubernur Jawa Tengah, Ganjar Pranowo menyapa secara langsung sejumlah wisma atlet Jateng di Mimika Papua, Senin (4/10/2021). Selain memberikan semangat, Ganjar juga memastikan para atletnya sehat dan nyaman selama berada di Papua.

Tiga wisma atlet Jateng dikunjungi Ganjar, hari itu. Yakni wisma atlet terbang layang di Hotel Noken Timika, atlet basket putra-putri di Hotel Paparisa dan wisma atletik di Yonif Raider Mimika.

Dua hal yang selalu ditanyakan Ganjar pada atletnya, yakni soal kabar kesehatannya serta kenyamanan tempat tinggal khususnya persoalan permakanan.

“Gimana makan enak tidak? Kalau nggak enak bilang sama pak Wakil Bupati ya,” tanya Ganjar yang didampingi Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob.

Para atlet itu mengatakan makanan terjamin. Tapi menu yang diberikan kadang tidak cocok.

“Makanya kami sering masak sendiri pak. Itu kami bawa beras dan lauk dari rumah,” celetuk salah satu atlet.

Benar saja, saat Ganjar mengecek makanan yang ada, ia menemukan sambel petai. Ia heran, kenapa ada sambal petai di menu makan siang para atlet itu. Sebab menu itu memang tidak biasa.

“Itu masak sendiri pak, petainya bawa dari rumah lho pak,” ucap atlet lainnya.

Ganjar pun tertawa mendengar jawaban itu. Ia yang penasaran mencoba membolak-balik sambal tersebut.

“Tenan ana petene (beneran ada petainya). Tak kira becanda. Enak sekali ini,” ucap Ganjar.

Ganjar pun memberikan semangat pada atlet-atlet kebanggan Jateng itu selama mengikuti PON di Papua. Ia meminta semua menjaga kesehatan dan menjunjung tinggi sportivitas.

“Kalian anak-anak hebat. Tetap jaga kesehatan ya, junjung tinggi sportivitas. Kalau mau tanding, telpon orang tua di rumah dan minta doa restu. Saya dan seluruh masyarakat Jateng mendoakan kalian semua menang,” kata Ganjar.

Kunjungan Ganjar itu membuat semangat bertanding para atlet Jateng semakin bertambah. Menurut mereka, kedatangan Ganjar membuat moril bertanding semakin meningkat.

“Sangat senang, kita jadi tambah semangat untuk besok bertanding. Semoga mendapatkan hasil maksimal,” kata Intan,22, atlet lempar lembing asal Banyumas.

Intan juga mengatakan, Ganjar tak hanya memberikan motivasi, tapi juga memastikan kondisi atletnya selama di Papua. Ganjar begiutu perhatian saat bertanya tentang kesehatan, kenyamanan tempat tinggal dan makanan.

“Kami sangat terharu mendapatkan perhatian seperti itu. Tadi ditanya kondisinya, makanan enak apa tidak. Tadi nemu sambel petai, itu kita masak sendiri di kantin. Petainya bawa langsung dari Jawa Tengah,” ucapnya.

Ia mengatakan banyak atlet Jateng yang doyan dengan sambel petai itu. Menurut mereka, sambel petai membuat nafsu makan semakin bertambah.

“Itu menambah nafsu makan, kan bosan kalau menunya itu-itu saja, jadi bawa sendiri,” pungkasnya. RIS