GROBOGAN.NEWS Kudus

Sebanyak 180 Rumah di Kudus Rusak Paska Diterjang Angin Kencang

Kondisi sejumlah rumah di wilayah Kecamatan Undaan setelah diterpa angin kencang dan hujan deras yang terjadi pada Kamis (21/10) siang. Foto : Ist

KUDUS, GROBOGAN.NEWS-Sebanyak 180 rumah yang tersebar di 4 desa di Kabupaten Kudus mengalami kerusakan setelah dihantam angin kencang dan hujan deras.

Jumlah tersebut secara runci  4 desa yaitu 93 rumah di Desa Kalirejo, 82 rumah di Desa Glagahwaru, 3 rumah di Desa Lambangan, dan 2 rumah di Desa Medini yang berada di wilayah Kecamatan Undaan, Kudus.

Peristiwa ini terjadi pada Kamis (21/10/2021) lalu. Sebagian besar rumah mengalami kerusakan ringan hingga sedang pada bagian atap.

Dipastikan akibat peristiwa tersebut tidak ada korban jiwa maupun warga yang mengungsi akibat peristiwa ini.

“Sampai saat ini tidak ada korban jiwa maupun warga yang mengungsi akibat angin kencang,” kata Wiyoto, Kepala Seksi Pencegahan dan Kesiapsiagaan dikutip dari siaran pers BNPB, Jumat (22/10/2021).

Paska kejadian, BPBD Kabupaten Kudus bersama TNI/Polri, warga sekitar serta relawan melakukan penangan darurat dengan pembenahan genteng rumah warga yang terdampak.

BPBD setempat juga terus melakukan pendataan dan koordinasi dengan kecamatan setempat.

“Selain itu memberikan bantuan logistik awal kepada korban terdampak angin kencang berupa paket makanan dan kesehatan,” katanya.

Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG) telah mengeluarkan peringatan dini cuaca tiga harian.

Pada Jumat (22/10), Provinsi Jawa Tengah berpotensi mengalami hujan lebat yang dapat disertai kilat/petir juga angin kencang.

Sementara pada Sabtu (23/10) hingga Minggu (24/10) Provinsi Jawa Tengah khususnya Kabupaten Kudus diperkirakan cuaca cerah berawan.

Pada musim hujan, BNPB mengimbau masyarakat untuk waspada dan siaga akan bahaya Hidrometeorologi seperti angin kencang.

Warga diharapkan dapat berlindung di tempat yang kokoh dan menghindari berlindung di bawah pohon maupun baliho.