Penelitian BPOM: 53 Obat Tradisional Ini Mengandung Zat Kimia Berbahaya!

Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM, Reri Indriani / tribunnews
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Melalui penelitiannya, Badan POM (BPOM) menemukan 53 produk obat tradisional, satu suplemen kesehatan dan 18 item kosmetika mengandung Bahan Kimia Obat (BKO), atau bahan dilarang yang berbahaya bagi kesehatan.

Demikian diungkapkan oleh Deputi Bidang Pengawasan Obat Tradisional, Suplemen Kesehatan dan Kosmetik Badan POM, Reri Indriani.

Baca Juga :  Gempa Bumi Guncang Bali, Tiga Orang Tewas dan 269 Rumah Rusak

Menurut Reri, penelitian tersebut didasarkan pada hasil sampling dan pengujian yang dilakukan selama periode Juli 2020 hingga September 2021.

Lebih lanjut, Reri Indriani mengatakan, dari pengawasan selama masa pandemi, BPOM menemukan kecenderungan baru temuan BKO pada produk obat tradisional berupa Efedrin dan Pseudoefedrin.

Baca Juga :  Perludem Perkirakan Pilpres 2024 Tak Lebih dari 3 Pasangan Calon

Obat tradisional yang mengandung Efedrin dan Pseudoefedrin berisiko dapat menimbulkan gangguan kesehatan, yaitu pusing, sakit kepala, mual, gugup, tremor, kehilangan nafsu makan, iritasi lambung, reaksi alergi (ruam, gatal), kesulitan bernafas, sesak di dada, pembengkakan (mulut, bibir dan wajah), atau kesulitan buang air kecil.

  • Bagikan