GROBOGAN.NEWS Solo

Pemkab Sragen Gelar Lomba Lari Malam Hari di Kompleks Sangiran, Siapa Minat?

Ilustrasi Museum Sangiran / tempo.co

SRAGEN, GROBOGAN.NEWS Untuk pertama kalinya, lomba lari unik digelar di kawasan wisata Sangiran Sragen. Pemkab setempat bersama Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi (Kemdikbudristek) menggelar event lomba lari bertajuk SangiRun Night Trail 2021.

Sesuai namanya, lomba lari itu berlangsung pada malam hari di kawasan Balai Pelestarian Situs Manusia Purba, Sangiran. Lomba dilaksanakan pada 20-21 November 2021 mendatang.

Kepala Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sragen, Yusep Wahyudi mengungkapkan, lomba lari tersebut merupakan kerjasama Pemerintah Kabupaten Sragen, Pemerintah Kabupaten Karanganyar, dan komunitas masyarakat.

Ajang lomba yang baru kali pertama digelar itu digagas untuk memperingati 25 tahun penetapan situs manusia purba Sangiran sebagai warisan budaya dunia oleh United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Selaras dengan tema itu, nantinya lomba lari SangiRun akan digelar dengan jarak tempuh 25 km.

“Nanti pesertanya juga dari atlet nasional,” paparnya kepada wartawan, Jumat (29/10/2021).

Yuseph menjelaskan event lari 25 km itu nantinya akan didukung 10 desa di kawasan situs purbakala Sangiran.

Agenda itu juga sejalan dengan rencana Dinas Pemuda Olahraga dan Pariwisata Sragen yang memang berupaya menggelar event untuk membangkitkan ekonomi melalui pariwisata di Sangiran.

“Ini memang baru pertama kali digelar. Nanti kalau sukses kemungkinan bisa dilakukan tahun berikutnya dan menjadi kalender rutin tahunan,” imbuhnya.

 

Para pelari, nantinya akan diberikan kesempatan menginap di home stay. Hal itu dimaksudkan agar mereka bisa mengenal lebih dekat dengan suasana home stay Sangiran dan lebih menyatu dengan masyarakat.

Ia memastikan event akbar tersebut juga sudah mendapatkan izin dari Satgas Penanganan Covid-19.

Sebagai dukungannya, panitia sudah menyiapkan seluruh kegiatan dengan mengedepankan protokol kesehatan Covid-19 termasuk siaran langsung atau live streaming bagi masyarakat. Wardoyo

Berita ini sudah dimuat di https://joglosemarnews.com/2021/10/pertama-kali-digelar-lomba-lari-25-km-malam-hari-di-kawasan-situs-sangiran-bertajuk-sangirun-night-trail-2021-dimeriahkan-atlet-nasional/2/