Pelaku Wisata di Kudus Didorong Miliki Sertifikat CHSE

Ilustrasi. Foto : Ist
  • Bagikan

KUDUS, GROBOGAN.NEWS-Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus, Jawa Tengah, mendorong pengusaha hotel dan pariwisata untuk mengurus sertifikasi Cleanliness, Health, Safety, Environment Sustainability (CHSE).

Seperti diketahui sertifikat CHSE adalah proses pemberian sertifikat kepada Usaha Pariwisata, Destinasi Pariwisata, dan Produk Pariwisata lainnya.

Baca Juga :  Penjualan Rokok Ilegal via E-Commerce Dibongkar Bea Cukai Kudus

Sertifikasi ini untuk memberikan jaminan kepada wisatawan terhadap pelaksanaan Kebersihan, Kesehatan, Keselamatan, dan Kelestarian Lingkungan.

Saat ini, sertifikat tersebut merupakan kompetensi protokol kesehatan di tengah pandemi Covid-19.

Pelaksana Tugas Kepala Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kabupaten Kudus Mutrikah menegaskan semua pelaku wisata, baik hotel, restoran, rumah makan dan pengelola objek wisata diikutkan dalam bimbingan teknis yang diselenggarakan oleh Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif.

Baca Juga :  Penjualan Rokok Ilegal via E-Commerce Dibongkar Bea Cukai Kudus

“Kami sangat berharap, mereka tidak sekadar sudah bisa menerapkan standar prokes, melainkan ada standarisasi melalui kepemilikan sertifikat CHSE,” terang dia, kemarin.

Lebih detail, ia pun mengakui, Disbudpar hanya sebatas mendorong pelaku usaha di bidang kepariwisataan untuk mendapatkan sertifikat CHSE tersebut, karena menjadi jaminan kesehatan bagi masyarakat.

  • Bagikan