GROBOGAN.NEWS Semarang

Kehadiran Parlemen Remaja Dapat Sambutan Hangat dari Gubernur, Inilah Pesan Penting yang Disampaikan Ganjar Pranowo

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat tiba di gedung DPRD Jawa Tengah, langsung disambut oleh sepuluh anggota parlemen remaja. Mereka berasal dari sepuluh SMA/SMK di Jateng dengan latar disiplin ilmu yang berbeda. Foto : Ist

SEMARANG, GROBOGAN.NEWS-Parlemen Remaja Dapil Jawa Tengah mendapat sambutan hangat dari Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo.

Gubernur Ganjar pun berpesan kepada 10 anggota Parlemen Remaja agar tetap menjaga integritas dan berpartisipasi mengkampanyekan peduli lingkungan.

Para anggota Parlemen Remaja ini berasal dari sepuluh SMA/SMK di Jateng dengan latar disiplin ilmu yang berbeda
Pesan itu disampaikan Gubernur Jawa Tengah saat bertemu dengan Parlemen Remaja sebelum mengikuti mengikuti rapat paripurna DPRD Jawa Tengah, Rabu (27/10/2021).

“Sekolah tidak kebanjiran tetapi rumah iya? Maka kamu ajak warga untuk tidak buang sampah sembarangan, kamu edukasi jangan mengambil air tanah dan mestinya pakai PDAM. Kalau pengambilan air tanah berlebihan itu menyebabkan muka tanah turun,” kata Ganjar.

Gubernur juga berpesan agar kemudian dari parlemen remaja tersebut muncul anggota-anggota parlemen di seluruh Indonesia yang berintegritas.

“Hari ini kita kehadiran adik-adik dari parlemen remaja. Ke depan akan butuh banyak anggota parlemen di seluruh Indonesia yang akan memimpin negara jauh lebih baik karena kehadiran anak-anak yang berintegritas,” bebernya, sebelum menyampaikan jawaban Gubernur terhadap pandangan fraksi-fraksi terkait rencana anggaran Pemprov Jateng tahun anggaran 2022 dan usulan mengenai raperda pengolahan limbah domestik di Jawa Tengah.

Terkait usulan raperda pengolahan limbah domestik itu, Ganjar menilai sebagai langkah yang baik untuk menyelesaikan masalah lingkungan. Raperda itu juga sangat kontekstual dengan kasus Bengawan Solo.

Dijelaskan lebih lanjut oleh Gubernur Ganjar, peraturan mengenai pengolahan limbah domestik dapat membantu masyarakat memahami bagaimana mengelola limbah dan sampah. Tidak hanya tentang cara membuah tetapi juga cara mengelolanya.

“Contoh Bengawan Solo, itu industri besar ada, industri kecil ada, peternakan ada, semuanya. Jadi industri yang disarankan harus punya IPAL, kalau tidak bisa sendiri ya IPAL komunal,” terangnya.

Obrolan singkat dan hangat langsung terjalin antara Ganjar dengan sepuluh anggota parlemen remaja itu. Mulai dari jurusan yang diambil di masing-masing sekolah sampai cita-cita dari tiap anggota.

Di tengah obrolan itu, salah seorang anggota parlemen asa Kota Pekalongan mengaku, rumahnya sering terendam banjir. Ganjar kemudian mengajak pelajar yang sekolah di SMAN 1 Kota Pekalongan tersebut untuk ikut mengedukasi warga mengenai lingkungan.

Pengolahan limbah juga harus disiapkan dengan baik termasuk menyiapkan teknologi tinggi. Keberadaan BRIN, kampus, dan perusahan, bisa dilibatkan dalam hal itu.

“Sudah saatnya seperti di Jawa Tengah punya pengolah sampah yang bagus. Menyelesaikan dan mengumpulkan sampah dalam jumlah cukup tinggi. Syukur-syukur dari rumah sudah bisa dipilah. Jadi Raperda ini pas. Mudah-mudahan ke depan bisa menyelesaikan persoalan lingkungan,” tandas Ganjar.

Penting untuk diketahui, saat tiba di gedung DPRD Jawa Tengah, Ganjar langsung disambut oleh sepuluh anggota parlemen remaja.

Mereka berasal dari sepuluh SMA/SMK di Jateng dengan latar disiplin ilmu yang berbeda. Obrolan singkat dan hangat langsung terjalin antara Ganjar dengan sepuluh anggota parlemen remaja itu. Mulai dari jurusan yang diambil di masing-masing sekolah sampai cita-cita dari tiap anggota.

Di tengah obrolan itu, salah seorang anggota parlemen asa Kota Pekalongan mengaku, rumahnya sering terendam banjir. Ganjar kemudian mengajak pelajar yang sekolah di SMAN 1 Kota Pekalongan tersebut untuk ikut mengedukasi warga mengenai lingkungan.