GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Kehadiran Gubernur Ganjar di Mimika Papua Disambut Kethek Ogleng Banyumasan dan Ratusan Masyarakat

Ganjar Pranowo tiba di Bandara Mozes Kilangin Mimika Papua, Senin (4/10/2021) disambut ratusan masyarakat yang telah mengidolakan sosok Bapak Gubernur Jateng ini. Istimewa

PAPUA, GROBOGAN.NEWS-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo tiba di Bandara Mozes Kilangin Mimika Papua, Senin (4/10/2021).

Tak diduga kehadiran Gubernur Ganjar disambut ratusan warga yang sebelumnya menanti di area bandara.

Situasi di bandara pun mendadak ramai dipenuhi ratusan masyarakat.

Bukan hanya warga asli Papua, namun ratusan perantauan termasuk dari Jawa datang berbondong-bondong ke sana.

Dengan antusias, mereka rela menunggu lama menantikan tamu istimewa yang mendarat di Mimika, siang itu.

Gubernur Ganjar datang ke Papua untuk menyemangati atlet-atlet Jateng di PON Papua, terbang dari Jayapura ke Mimika untuk menyemangati sejumlah atlet yang berlaga di sana.

Ketika turun dari pesawat sekitar pukul 11.45 WIT, Ganjar langsung disambut Wakil Bupati Mimika, Johannes Rettob dan beberapa jajaran pejabat saja. Ganjar langsung dikalungi Noken dan disematkan topi khas Papua.

Namun suasana langsung berubah ketika Ganjar keluar dari dalam terminal bandara. Di sana, ratusan masyarakat sudah berdesakan di pintu keluar sambil berteriak-teriak memanggil namanya.

“Pak Ganjar, pak Ganjar. Selamat datang ke Mimika pak. Hidup pak Ganjar,” teriak mereka.

“Saya dari Solo pak, saya Pati pak, nyong Banyumas pak,” teriak yang lain.

Uniknya, bukan tarian khas Papua yang menyambut kedatangan Ganjar di bandara Mimika itu. Justru, tarian yang digunakan untuk menyambut Ganjar adalah kuda lumping dan Kethek Ogleng asal Banyumas Jateng.

Dua penari berpakaian seperti kera putih menari-nari di depan rombongan diiringi alunan musik gamelan dengan lucunya.

“Kami dari Banyumas pak, ini kesenian asli Banyumas. Selamat datang pak, kami wargamu pak,” teriak mereka.

Ganjar pun dengan ramah melayani masyarakat yang ingin tos dengannya. Beberapa kali, Ganjar juga berhenti sejenak untuk melayani masyarakat untuk selfie.

Perjalanan dari pintu ke luar sampai ke parkiran memakan waktu cukup lama, karena saking antusiasnya masyarakat saat menyambutnya.

“Sehat-sehat ya semua. Jaga kesehatan,” kata Ganjar menyapa ratusan masyarakat itu.

Di Mimika, Ganjar rencananya menyemangati sejumlah cabang olahraga yang dilombakan di sana selama dua hari. Ada banyak cabang olahraga yang ditandingkan di Mimika. Diantaranya panjat tebing, atletik, basket, terbang layang, judo, tarung drajat, aeromodeling dan beberapa cabor lainnya. Sejumlah atlet Jateng disebut berpotensi meraih medali emas dalam cabang-cabang olahraga yang digelar di tempat itu. RIS