GROBOGAN.NEWS Umum Nasional

Diduga Alami Rem Blong, Bus Jurusan Bogor-Bandung Tabrak Lima Mobil dan Pagar di Area Gerbang Tol Sentul Barat

Ilustrasi kecelakaan di jalur tol. Joglosemarnews.com

BOGOR, GROBOGAN.NEWS-Diduga akibat alami permasalahan pengereman, bus tujuan Leuwiliang-Bandung tabrak sejumlah mobil yang terparkir di samping gerbang tol. Peristiwa ini, terjadi di gerbang tol (GT) Sentul Barat Tol Bogor Outer Ring Road (BORR), Senin (11/10/2021) pagi.

Menurut Kepala Induk PJR Jawa Barat AKP Wahyu Subandi, peristiwa ini melibatkan lima mobil. Beruntung tidak ada korban jiwa akibat peristiwa ini. Satu orang yang alami luka ringan langsung dibawa ke rumah sakit.

“Peristiwa kecelakaan ini terjadi ketika bus Cahaya Bakti Utama (CBU) itu tengah melaju dari arah Yasmin menuju Bandung,” terang dia.

Ia melanjutkan lebih detail, bus yang tengah mengangkut 30 penumpang itu hilang kendali sehingga menabrak pagar dan 4 mobil yang tengah diparkir depan PT. MSJ. Saat sampai di KM 3. jalur Bandung bus berkecepatan tinggi dan sudah mulai hilang kendali.

“Saat masuk ke KM 006 Bandung, sopir hilang kendali dan banting stir ke arah kiri dan tabrak pagar kantor PT MSJ. Nah di depan kantor, ada beberapa mobil sedang parkir, ada 4 mobil yang ditabrak. Bus baru berhenti dengan kondisi tidak terguling,” kata Wahyu.

Ia melanjutkan, dari hasil penyelidikan sementara bus diduga mengalami rem blong sehingga tidak bisa dikendalikan dan menabrak pagar serta mobil yang tengah diparkir. Dijelaskannya, berdasarkan hasil penyelidikan sementara dari Laka Lantas ada kendala difungsi pengereman, sehingga sopir tidak bisa mengendalikan.

“Seharusnya kalau sopir tenang, dia memilih menabrak kendaraannya ke Bulnus, Bulnus itu seperti gril yang ada di depan pintu tol. Kalau dia menabrak Bulnus, kendaraan akan berhenti dengan sendirinya. Itu fungsi dibuat Bulnus di depan pintu tol. Untuk kendaraan yang terlibat kecelakaan sudah dibawa ke unit laka lantas Polres Bogor. Sopir masih dimintai keterangan,” imbuh dia.HAN