Di Museum Jenderal Gatot Subroto, Banyak Ceritakan Kisah Perjuangan Tempo Dulu. Penasaran ?, Ada Tongkat Komando, Pakaian Hingga Koleksi Pipa Cangklong    

Prosesi peresmian Museum Jenderal Gatot Subroto di Ungaran, Kabupaten Semarang. Jawa Tengah.  Foto : IST
  • Bagikan

UNGARAN, GROBOGAN.NEWS-Cucu Jenderal Gatot Subroto, Lawrence Locsin Sardjono mengungkapkan bahwa museum pribadi yang terletak di dekat Benteng Willem II itu menyimpan berbagai barang pribadi kakeknya.

Ia menyatakan, sebelum dijadikan museum rumah ini adalah rumah pribadi peninggalan pahlawan nasional Jenderal Gatot Subroto di Jalan Brigjen Soediarto yang telah disulap menjadi sebuah museum pribadi.

Baca Juga :  Empat Kali Berturut-Turut, Pemprov Jateng Terima Anugerah Parahita Ekapraya

Menurut Lawrence selain puluhan pakaian dinas, juga ada topi dan tongkat komando. Ada pula koleksi pipa cangklong, pisau berburu dan kacamata.

“Ada empat pipa cangklong yang menjadi koleksi museum ini. Satu di antaranya, dalam kondisi rusak,” katanya pada peresmian museum tersebut, Minggu (10/10/2021).

Baca Juga :  Satpol PP Kota Semarang Bongkar 34 Bangunan Liar di Simongan

Selain itu, imbuhnya, terdapat juga dua tempat tidur pribadi yang terawat baik. Dan di beberapa bagian dinding rumah, terpampang puluhan foto pria kelahiran Banyumas itu semasa berdinas sebagai tentara.

  • Bagikan