GROBOGAN.NEWS Grobogan

BUMDes Cindelaras Toroh Sediakan Layanan Bayar Pajak Kendaraan Bisa Diangsur, Dapat Apresiasi Khusus dari Gubernur Ganjar  

Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo saat melaksanakan peninjauan pelaksanaan pelayanan pembayaran pajak kendaraan di BUMDes Cindelaras, Bandungharjo, Toroh di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Grobogan, Rabu (13/10/2021), kemarin. Foto : Istimewa

TOROH, GROBOGAN.NEWS-Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo melaksanakan pencermatan adanya sistem pembayaran pajak kendaraan yang tak biasa di Kabupaten Grobogan.

Sistem pembanyaran pajak kendaraan yang tidak biasa di Desa Bandungharjo, Kecamatan Toroh.

Ganjar melaksanakan peninjauan di sela kunjungan kerjanya di Kabupaten Grobogan, Rabu (13/10/2021), kemarin.

Di Desa Bandungharjo, Ganjar menemukan adanya sistem pembayaran pajak yang berbeda dengan seperti biasanya.

Disebut tak biasa karena masyarakat yang biasanya harus datang ke kantor Samsat kini bisa bayar di kantor desa.

Hebatnya lagi, warga tidak perlu bayar lunas pajak kendaraannya.

Sebab, ada dana talangan dari BUMDes setempat yang bisa diandalkan. Jadi bayar pajak tak perlu lunas, bisa ngutang dan dicicil selama tiga bulan.

Saat Ganjar datang, ada salah satu warga yang sedang melakukan pembayaran pajak di sana. Ganjar yang penasaran kemudian menanyakan, apakah benar ia bisa menyicil pembayaran pajaknya.

“Lagi ngapa mas? Perpanjangan STNK? Lha didhawakke ngapa (dipanjangkan kenapa), nek dhawa angel ditekuk lho (kalau panjang sudah dilipat),” canda Ganjar.

Warga itu mengatakan memang datang untuk membayar pajak. Selain lebih dekat, pembayaran pajaknya bisa dicicil.

“Di sini dekat pak, selain itu bisa dicicil. Ini saya pajaknya habis Rp1,5 juta, saya bayar Rp1 juta dulu, sisanya dicicil,” katanya sambil mengeluarkan uang ratusan sepuluh lembar.

Ganjar pun sangat mengapresiasi program itu. Menurutnya, program yang dikembangkan BUMDes Cindelaras Bandungharjo itu sangat menarik dan inspiratif.

“Ini ada yang menarik. Di Desa Bandungharjo Kecamatan Toroh ada BUMDes yang kreatif. Dia melayani pembayaran pajak kendaraan bermotor masyarakatnya dengan cara tak biasa. Nalangi sik (menalangi dulu) kalau ada warga yang belum punya uang dan sudah jatuh tempo. Bisa dicicil selama tiga bulan,” kata Ganjar.

Selain membantu masyarakat mendekatkan pelayanan pembayaran pajak, sistem dana talangan juga menurut Ganjar sangat kreatif. Hal ini membuat masyarakat tertib bayar pajak karena ada kemudahan.

“Ini membantu penarikan pajak juga, negara terbantu. Tinggal kita dorong nanti lebih canggih lagi karena ini ada yang masih manual. Dan yang seperti ini di Grobogan sudah ada di delapan kecamatan berbeda,” ucapnya.

Sementara itu, Ketua BUMDes Cindelaras, Yanto mengatakan, program pembayaran pajak kendaraan bermotor di desanya itu sudah dilakukan sejak 2019 lalu. Program itu sangat diminati masyarakat karena program dana talangan.

“Jadi masyarakat yang belum punya uang untuk melunasi pajak, kita bantu. Umpama habisnya Rp400 ribu, baru punya Rp200 ribu, nanti kekurangannya ditalangi BUMDes,” terangnya.

Dana talangan itu lanjut dia bisa dicicil dalam kurun waktu tiga bulan. Bunga yang dikenakan sangat ringan, yakni hanya tiga persen.

“Masyarakat antusias sekali, karena selain malas kalau mau bayar pajak jauh, mereka juga terbantu karena pendapatan mereka sebagai petani kan tidak menentu. Ada yang panen biasanya tiga atau enam bulan sekali, jadi kekurangannya bisa ditalangi,” pungkasnya.Arya