Bagaimana Masa Depan 57 Eks Pegawai KPK? Kapolri Berencana Merekrutnya dalam Sebuah Tim

Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo / tribunnews
  • Bagikan

JAKARTA, GROBOGAN.NEWS – Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo membuat langkah yang cukup menarik, dengan berencana merekrut 57 eks pegawai Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK) dalam sebuah tim.

Rencana itu telah disampaikannya ke Presiden Joko Widodo (Jokowi) secara tertulis, dan nampaknya sudah mendapatkan lampu hijau dari presiden.

“Hari Jumat yang lalu, saya telah berkirim surat kepada Bapak Presiden untuk memenuhi kebutuhan organisasi Polri terkait pengembangan tugas-tugas di Bareskrim Polri, khususnya di tipikor (tindak pidana korupsi),” ujar Kapolri.

Baca Juga :  Ketua PWNU Papua Ungkapkan Kenangan Berkesan dengan Mbah Moen saat Menerima Kunjungan Taj Yasin Maimoen

Upaya itu dilakukan, dengan pertimbangan adanya tugas-tugas tambahan terkait upaya-upaya pencegahan dan upaya lain dalam rangka mengawal penanggulangan Covid-19 serta Pemulihan Ekonomi Nasional, serta kebijakan-kebijakan strategis yang lain.

Dengan langkah itu, praktis nasib 57 mantan pegawai KPK yang tak lolos tes wawasan kebangsaan (TWK) kemungkinan bakal menemui babak baru.

Baca Juga :  5 Tradisi Unik di Nusantara yang Kental dengan Maulid Nabi

 

Terkait dengan hal itu, Direktur Pusat Studi Konstitusi (Pusako) Universitas Andalas Feri Amsari memprediksi, Kapolri ingin membentuk tim khusus beranggotakan 57 pegawai KPK yang dipecat.

Prediksi itu muncul dari pernyataan Sigit soal Polri yang kini juga menjalankan tugas tambahan seperti menjaga dana bantuan sosial (bansos), Covid-19, dan program Pemulihan Ekonomi Nasional (PEN).

“Pidato itu cukup kuat terutama saat disebut ada tiga tugas penting. Sehingga saya memperkirakan kalau ada tiga tugas penting, berarti ada tim khusus, sebab disuruh memperhatikan dana Covid-19, dana bansos yang terkait Covid-19 dan dana PEN,” kata Feri dalam diskusi daring Episode Terakhir Pemberantasan Korupsi di Rezim Jokowi, Sabtu (2/10/2021).

Baca Juga :  Kunjungi Pos Lintas Batas Negara Skouw, Taj Yasin Berbagi Cerita dengan Petugas yang Bersiaga

Menurut Feri, langkah Sigit merekrut 57 eks pegawai KPK menjadi sebuah tim khusus merupakan alternatif yang menarik.

  • Bagikan